get app
inews
Aa Read Next : Deretan Gunung di Indonesia dengan Pemandangan Spektakuler, Surganya Pendaki

Harga Tiket Masuk Wisata Dieng Terlengkap 2023 Termasuk Turis Asing

Jum'at, 07 Juli 2023 | 13:43 WIB
header img
Wisata Dieng mulai ramai dikunjungi wisatawan. Tanpak Salah satu wisatawan tengah berfoto disalah satu candi Arjuna yang ada di kawasan wisata Dieng (Foto: Tangkapan Layar Facebook)

WONOSOBO, iNewskaranganyar.id - Dataran tinggi Dieng atau Plato Dieng asalah satu wilayah yang masuk kedalam Provinsi Jawa Tengah.

Letaknya yang diapit jajaran perbukitan di sisi utara dan selatannya, yang berasal dari aktivitas vulkanik yang sama dan disebut Pegunungan Dieng membuat kawasan Dieng sangat kaya akan tempat wisatanya.

Dikutip dari Wikipedia, secara administrasi, dataran tinggi Dieng berada dalam wilayah Kecamatan Batur dan sebagian Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, dan bagian selatan dari Desa Pranten, Bawang, Kabupaten Batang, dengan inti kawasan wisata berada pada wilayah Desa Dieng Kulon (di Banjarnegara) dan Desa Dieng ("Dieng Wetan" di Wonosobo).

Masih dikutip dari Wikipedia, ketinggian dataran berada pada 1600 sampai 2100 mdpl dengan arah aliran permukaan ke barat daya,menuju ke lembah Sungai Serayu. 

Dengan suhu udara berkisar 12–20 °C di siang hari dan 6–10 °C di malam hari, meskipun pada musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0 °C di pagi hari, iklim di dataran tinggi Dieng termasuk iklim subtropis dan memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas ("embun racun") karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian membuat kawasan ini menjelma menjadi lokasi wisata yang banyak dituju oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Mulai banyaknya wisatawan yang menjadikan kawasan Dieng menjadi salah satu obyek tujuan wisata, membuat Pemkeb setempat berbenah membenahi akses jalan menuju dataran tinggi dieng. Bahkan papan penunjuk sudah bisa terlihat ketika masuk tengah kota wonosobo.

Belum lagi banyak terdapat penginapan murah di dieng dan deretan homestay yang di bangun dan dikelola warga setempat makin mempermudah bagi wisatawan yang hendak menikmati pesona keindahan alam dieng beberapa hari dengan menginap.

Stasiun kereta api purwokerto dan terminal wonosobo bisa menjadi alternatif angkutan umum bagi wisatawan yang hendak berwisata menikmati keindahan pesona dataran tinggi dieng, dari stasiun kereta api purwokerto perjalanan dilanjutkan dengan angkutan bus menuju alun-alun wonosobo, sedang dari terminal wonosobo perjalanan dilanjutkan dengan shutle bus menuju dataran tinggi dieng.

Beberapa tempat wisata di dataran tinggi dieng yang menjadikan tujuan utama dari datangnya wisatawan menuju dataran tinggi dieng adalah bukit sikunir dengan golden sunrisenya, gunung prau dengan latar gunung sindoro, telaga warna dengan keunikan warna airnya, candi arjuna dengan sejarah dan mitosnya, kawah sikidang dengan fenomena alamnya dan masih banyak yang lainnya. 

Berikut Daftar Tiket Masuk obyej wisata Dieng 2023 lengkap. Termasuk Tiket masuk wisatawan Asing

Destinasi

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut