get app
inews
Aa Read Next : Melihat Dekat Pantai Balekambang Malang, Saudara Kembar Tanah Lot Bali, Seperti Apa?

Kisah Kaib Ibrahim Calhaj Tertua Asal Malang, Jual 4 Ekor Sapi Agar Bisa Berangkat ke Tanah Suci

Minggu, 28 Mei 2023 | 18:11 WIB
header img
Calhaj tertua asal Malang berusia 100 tahun siap berangkat ke Tanah Suci (Foto: Miadaad Aries/MPI)

Setelah tiga tahun menunggu akhirnya Kaib Ibrahim dipastikan akan berangkat pada 8 Juni 2023 mendatang ke Asrama Surabaya bersama rombongan calhaj dari Kabupaten Malang, sebelum pada 9 Juni 2023 berangkat ke Arah Saudi.

Pengorbanan Kaib Ibrahim untuk berangkat ke Mekkah dikatakan menantunya tidaklah mudah, pria berusia 100 tahun ini masih harus menjual empat ekor sapi peliharaannya dan menggunakan uang tabungannya.

"Merawat empat ekor sapi semua dijual untuk dipakai daftar haji. Dulu ada sapi, sekarang sudah nggak ada habis, hasilnya dari berkebun juga, uangnya dikumpulkan," bebernya.

Sementara itu, Kaib Ibrahim sendiri mengaku telah siap lahir batin untuk berangkat ke Mekkah. Ia beruntung bisa ditemani oleh anak ketiganya Samardi yang juga menuntutnya ketika nanti pelaksanaan ibadah hajinya.

"Anak saya yang dampingi, meski vaksin juga didampingi bareng, manasik bareng, itu Sarmadi anak nomor tiga, kalau nggak ngerti pokoknya bareng sama saya bisa. Kalau tidak hafal doanya kata anakku saya tuntut di Mekkah," ucapnya.

Ia sudah lama menginginkan berangkat ke Mekkah. Bahkan sejak Kaib ditinggal istrinya yang meninggal dunia pada 1985 lalu, ia memutuskan tidak ingin menikah lagi dan memilih mewujudkan keinginannya berangkat haji.

"Tahun 1985 ditinggal orang perempuan (istri), anak masih SD, nggak kepengen nikah lagi, yang penting pengen berangkat haji," tuturnya.

Kaib mengaku tak memiliki persiapan khusus, ia hanya menyiapkan beberapa kebutuhan pakaian yang dibelinya menjelang keberangkatannya ke Arab Saudi. Terkait kesehatan fisiknya, Kaib sudah biasa berjalan kaki sendiri ke kebun dan bekerja di kebun, bahkan hingga mencangkul sendiri.

"Sehat badannya. Masih kuat macul. Kalau tidak bekerja tidak enak di badan. Alhamdulillah sehat, ini Gusti Allah yang memberi," ujarnya.***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut