get app
inews
Aa Read Next : Inalilahi, 2 Warga Garut Meninggal Usai Mencoblos 

Deretan Stasiun di Daop 2 Bandung Inilah Pencetak Jumlah Penumpang Arus Mudik dan Balik Terbanyak

Senin, 01 Mei 2023 | 18:40 WIB
header img
Kereta api (KA) berangkat meninggalkan Stasiun Garut (Foto: MPI)

5. Stasiun Banjar

Sebagai stasiun yang masuk ke dalam tipe B, Stasiun Banjar  melayani penumpang dengan perjalan jarak jauh terbanyak kelima dari 17 stasiun yang ada di Jabar. Sejak 12 April 2023 hingga awal Mei 2023, stasiun berkode BJR. 

1640 ini melayani keberangkatan penumpang sebanyak 12.801 orang. Uniknya, tak seperti keberangkatan, kedatangan penumpang di Stasiun Banjar dalam periode yang sama tercatat lebih banyak, yakni sebanyak 14.586 orang. 

Stasiun Banjar sendiri melayani penumpang jarak jauh hingga sejumlah daerah di Jawa Timur. Dua KA kelas eksekutif, yakni KA Turangga dan Argo Wilis, di stasiun ini melayani rute dengan tujuan akhir Surabaya Gubeng. 

6. Stasiun Garut

Stasiun Garut menempati urutan keenam dalam jumlah penumpang yang melakukan jarak jauh menggunakan KA di Jawa Barat. Stasiun yang baru dibuka lagi pada 24 Maret 2022 ini melayani keberangkatan penumpang jarak jauh sebanyak 5.414 orang di musim arus mudik dan balik 2023.

Dalam waktu yang sama, Stasiun Garut melayani kedatangan penumpang sebanyak 5.449 orang. Dirunut dari sejarahnya, Stasiun Garut pertama kali dibuka pada 14 Agustus 1889, atau 133 tahun yang lalu. 

Stasiun yang berlokasi di Jalan Bank, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota ini, sempat ditutup pada tahun 1983 silam akibat moda transportasi KA kalah saing dengan kendaraan pribadi dan angkutan umum yang dianggap lebih modern kala itu. Stasiun Garut kemudian dibuka kembali sebagai bagian dari program reaktivasi perkeretaapian yang digagas Kementerian Perhubungan (Kemenhub). 

7. Stasiun Purwakarta

Stasiun KA dengan peringkat ketujuh yang melayani penumpang jarak jauh di Jabar adalah Stasiun Purwakarta. Stasiun berkode PWK. 1404 ini memberangkatkan penumpang sebanyak 5.155 pada pertengahan April 2023 hingga awal Mei 2023, atau terpaut selisih 259 orang lebih sedikit jika dibandingkan dengan Stasiun Garut. 

Dalam kurun waktu yang sama, stasiun KA kelas I yang berlokasi di Nagritengah, Purwakarta, itu menerima kedatangan sebanyak 5.000 penumpang, atau lebih sedikit saat melayani keberangkatan. 

Dalam riwayatnya, Stasiun Purwakarta memiliki peran saat perang kemerdekaan, di mana banyak kendaraan militer untuk pertempuran dibongkar muat dari dan ke atas gerbong KA di stasiun ini. 

Itulah stasiun di Jabar yang melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang terbanyak pada musim mudik 2023. Bagaimana, dari stasiun ini, stasiun manakah yang pernah Anda kunjungi?

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut