get app
inews
Aa Read Next : Ketua PDM Karanganyar Kukuhkan Dirut Baru RSU PKU Muhammadiyah, Ini Misi yang Dititipkan 

Tanggal Berapa Idul Adha 2023? Ini Menurut Pemerintah Versi Muhammadiyah 

Minggu, 11 Juni 2023 | 22:19 WIB
header img
Tanggal Berapa Idul Adha 2023? Ini Menurut Pemerintah Versi Muhammadiyah (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR,iNewskaranganyar.id - Kapan hari raya Idul Adha tahun 2023 atau 10 10 Dzulhijjah jatuh? Hari raya Idul Adha identik dengan pemotongan hewan kurban selepas Sholat Id.

Awal mula adanya perintah berkurban ini adalah saat Nabi Ibrahim diperintah oleh Allah untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail melalui mimpi. Namun, Allah SWT kemudian mengganti kurban Nabi Ismail dengan seekor domba. Itulah awal mula Idul Adha yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Penyembelihan hewan kurban ini berlangsung selama tiga hari mulai 11-13 Dzulhijjah yang disebut dengan Hari Tasyrik. 

Hari Tasyrik menurut ahli bahasa dan ahli fikih adalah tiga hari setelah Hari Raya Idhul Adha (nahar) yakni tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Hari tasyrik Idul Adha 2022 dimulai Senin-Rabu tanggal 11-13 Juli 2022. 

Para ulama sepakat bahwa diharamkan untuk berpuasa pada hari-hari tasyrik, yaitu hari-hari yang jatuh pada tanggal 11, 12 dan 13 di bulan Dzulhijjah.

Pada tiga hari itu umat Islam masih dalam suasana perayaan hari Raya Idul Adha sehingga masih diharamkan untuk berpuasa. Dasar keharamannya adalah hadits berikut: Dari Nubaisyah al-Huzali: Rasulullah saw bersabda: “Hari-hari tasyriq adalah hari makan dan minum.” (HR. Muslim) 

Ustaz Muhammad Ajib MA dari Rumah Fiqih Indonesia menjelaskan, Imam Syafi’iy rahimahullah disunnahkan untuk memperbanyak takbir dan doa pada hari raya. Bahkan Imam Syafii mengatakan bahwa berdoa di malam hari raya, malam jumat, awal bulan Rajab dan Nishfu Sya’ban adalah termasuk doa yang sangat mustajab. 

Para ulama telah sepakat bahwasanya bertakbir atau takbiran pada hari raya itu termasuk sesuatu yang disyariatkan dalam Islam. Para ulama pun sangat menganjurkan untuk memperbanyak ibadah dan bertakbir pada hari raya karena hal ini termasuk salahsatu kebiasaan yang dilakukan oleh Rasululloh SAW dan para sahabat. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut