get app
inews
Aa Read Next : Ketua PDM Karanganyar Kukuhkan Dirut Baru RSU PKU Muhammadiyah, Ini Misi yang Dititipkan 

Tanggal Berapa Idul Adha 2023? Ini Menurut Pemerintah Versi Muhammadiyah 

Minggu, 11 Juni 2023 | 22:19 WIB
header img
Tanggal Berapa Idul Adha 2023? Ini Menurut Pemerintah Versi Muhammadiyah (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR,iNewskaranganyar.id - Kapan hari raya Idul Adha tahun 2023 atau 10 10 Dzulhijjah jatuh? Hari raya Idul Adha identik dengan pemotongan hewan kurban selepas Sholat Id.

Awal mula adanya perintah berkurban ini adalah saat Nabi Ibrahim diperintah oleh Allah untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail melalui mimpi. Namun, Allah SWT kemudian mengganti kurban Nabi Ismail dengan seekor domba. Itulah awal mula Idul Adha yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Penyembelihan hewan kurban ini berlangsung selama tiga hari mulai 11-13 Dzulhijjah yang disebut dengan Hari Tasyrik. 

Hari Tasyrik menurut ahli bahasa dan ahli fikih adalah tiga hari setelah Hari Raya Idhul Adha (nahar) yakni tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Hari tasyrik Idul Adha 2022 dimulai Senin-Rabu tanggal 11-13 Juli 2022. 

Para ulama sepakat bahwa diharamkan untuk berpuasa pada hari-hari tasyrik, yaitu hari-hari yang jatuh pada tanggal 11, 12 dan 13 di bulan Dzulhijjah.

Pada tiga hari itu umat Islam masih dalam suasana perayaan hari Raya Idul Adha sehingga masih diharamkan untuk berpuasa. Dasar keharamannya adalah hadits berikut: Dari Nubaisyah al-Huzali: Rasulullah saw bersabda: “Hari-hari tasyriq adalah hari makan dan minum.” (HR. Muslim) 

Ustaz Muhammad Ajib MA dari Rumah Fiqih Indonesia menjelaskan, Imam Syafi’iy rahimahullah disunnahkan untuk memperbanyak takbir dan doa pada hari raya. Bahkan Imam Syafii mengatakan bahwa berdoa di malam hari raya, malam jumat, awal bulan Rajab dan Nishfu Sya’ban adalah termasuk doa yang sangat mustajab. 

Para ulama telah sepakat bahwasanya bertakbir atau takbiran pada hari raya itu termasuk sesuatu yang disyariatkan dalam Islam. Para ulama pun sangat menganjurkan untuk memperbanyak ibadah dan bertakbir pada hari raya karena hal ini termasuk salahsatu kebiasaan yang dilakukan oleh Rasululloh SAW dan para sahabat. 

Kapan Lebaran Idul Adha 2023 

Sesuai kalender nasional, Idul Adha 2023 jatuh pada hari Kamis, 29 Juni 2023. Meski demikian, pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag) baru akan menggelar Sidang Isbat untuk menetapkan Idul Adha 2023 pada 18 Juni 2023 mendatang. Sedangkan Ormas Muhammadiyah sudah menetapkan Lebaran Idul Adha 2023 jatuh pada 28 Juni 2023.

Lebaran Idul Adha 2023 versi Muhammadiyah

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan hari raya Idul Adha atau 10 Zulhijah 1444 H jatuh pada Rabu (28/6/2023). Penetapan ini berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tarjdid PP Muhammadiyah. 

Hal ini tertuang dalam maklumat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/1.0/E/2023 yang ditandatangani oleh Ketum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir beserta Sekretarisnya, Mohammad Sayuti pada 21 Januari 2023 lalu di Yogyakarta tentang penetapan hasil hisab ramadan, Syawal dan Zulhijah 1444H.

Diketahui Zulhijah 1444 H, dia menyampaikan pada hari Ahad Kliwon, 29 Zulkaidah 1444 H bertepatan dengan 18 Juni 2023, ijtimak jelang Zulhijah 1444 H terjadi pada pukul 11.39 WIB. 
Kemudian tinggi bulan pada saat Matahari terbenam di Yogyakarta  +01° 00 25" (hilal sudah wujud), dan di seluruh wilayah Indonesia pada saat Matahari terbenam itu Bulan berada di atas ufuk. 

"Idul Adha (10 Zulhijah 1444 H) jatuh pada hari Rabu Kliwon, 28 Juni 2023 M," bunyi surat tersebut.  

Selain itu, PP Muhammadiyah juga menetapkan bulan Zulhijah 1444 Hijriah. Satu Zulhijah 1444 H jatuh pada hari Senin 19 Juni 2023. Sementara itu, Hari Arafah (9 Zulhijah) jatuh pada Selasa 27 Juni 2023.  

Adapun saat hari raya tersebut, umat Islam biasanya akan memulainya dengan salat id. Setelahnya, menyembelih hewan kurban bisa dilakukan.

Pemerintah Tunggu Sidang Isbat 

Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat Penetapan Awal Zulhijah 1444 H pada Minggu, 18 Juni 2023. Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib mengatakan, sidang Isbat akan digelar di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu, 18 Juni 2023 atau bertepatan  tanggal 29 Zulqaidah. 

Adib menjelaskan, sidang penetapan awal Zulhijah ini merupakan salah satu bentuk layanan keagamaan bagi masyarakat dalam menjalankan ibadah di Hari Raya Iduladha. Kemenag juga akan menggelar rukyatul hilal awal Zulhijah pada 99 titik di Indonesia. 

Hasil rukyatul hilal merupakan sebagai salah satu rujukan dalam penetapan waktu Iduladha 1444 H. Sidang Isbat Penetapan Awal Zulhijah 1444 H akan dihadiri Duta Besar Negara Sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, serta lembaga dan instansi terkait lainnya. 
Itulah ulasan kapan Lebaran Idul Adha 2023 yang perlu muslim ketahui sebagai persiapan melaksanakan ibadah kurban.***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut