get app
inews
Aa Read Next : Inalilahi, 2 Warga Garut Meninggal Usai Mencoblos 

Deretan Stasiun di Daop 2 Bandung Inilah Pencetak Jumlah Penumpang Arus Mudik dan Balik Terbanyak

Senin, 01 Mei 2023 | 18:40 WIB
header img
Kereta api (KA) berangkat meninggalkan Stasiun Garut (Foto: MPI)

Selama arus mudik dan balik 2023, total penumpang pada belasan stasiun tersebut mencapai lebih dari 200 ribu jiwa, dengan perincian keberangkatan mencapai 299.402 orang, sedangkan kedatangan sebanyak 286.859 orang. 

Berikut tujuh besar stasiun di Jabar yang melayani keberangkatan dan kedatangan terbanyak yang terhitung sejak 12 April 2023 lalu hingga awal Mei 2023 ini. Apa saja, berikut ulasannya.

1. Stasiun Bandung

Sebagai stasiun KA yang terletak di ibu kota Provinsi Jawa Barat, Stasiun Bandung menempati peringkat pertama dengan jumlah penumpang yang berangkat menggunakan KA terbanyak. Dari catatan PT KAI Daop 

Jumlah keberangkatan penumpang yang dilayani di Stasiun Bandung mencapai 142.269 orang. Jumlah tersebut setidaknya menyumbang lebih dari 50 persen keberangkatan pada seluruh stasiun KA di Jabar. Sedangkan jumlah kedatangan di Stasiun Bandung berjumlah 139.076 orang. 

2. Stasiun Kiaracondong

Stasiun bernama lain Stasiun Kircon ini menempati urutan kedua saat memberangkatkan penumpang perjalanan jarak jauh. Jumlah penumpang yang berangkat sejak pertengahan April 2023 hingga awal Mei 2023 dari Stasiun Kiaracondong mencapai 78.364 jiwa. Sedangkan penumpang yang turun di Stasiun Kiaracondong berjumlah 65.497 orang. 

3. Stasiun Tasikmalaya

Stasiun Tasikmalaya merupakan stasiun KA yang menempati urutan ketiga dalam hal keberangkatan penumpang terbanyak di Jabar setelah Stasiun Bandung. Stasiun KA tipe C yang terletak di Jalan Stasiun, Kelurahan Lengkongsari, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, ini melayani keberangkatan sebanyak 26.862 penumpang. 

Sedangkan penumpang yang turun di stasiun berkode TSM . 1630 ini sebanyak 28.843 orang. Dari informasi yang dihimpun, layanan KA di Stasiun Tasikmalaya adalah Argo Wilis, Turangga, Malabar, Mutiara Selatan, Lodaya, Baturraden Ekspres, Pangandaran, Kahuripan, Pasundan, Kutojaya Selatan dan Serayu. 

4. Stasiun Cimahi

Terletak di Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Stasiun Cimahi menjadi stasiun KA yang melayani keberangkatan penumpang perjalanan jarak jauh terbanyak keempat dari seluruh stasiun se-Jabar. Pada musim arus mudik dan balik 2023, Stasiun Cimahi melayani 14.815 keberangkatan penumpang, dan 14.273 kedatangan penumpang. 

Layanan KA di Stasiun Cimahi terdiri dari Argo Parahyangan,  Harina, Ciremai, Pangandaran, Serayu, Cikuray, Cibatuan, Garut Cibatuan, dan lokal Bandung Raya. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut