get app
inews
Aa Read Next : 6 Kota Terkecil Di Indonesia, Yogyakarta Masuk Urutan Berapa?

Segini Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor, Tempat Wisata Tertua di Indonesia

Minggu, 30 April 2023 | 22:08 WIB
header img
Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor (Foto: Okezone)

BOGOR, iNewskaranganyar.id - Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor bisa dikatakan salah satu wahana wisata tertua di Indonesia. Kebun Raya Bogor didirikan pada tahun 1817 oleh pemerintah Hindia Belanda.

Seperti dikutip iNewskaranganyar.id dari Wikipedia, Kebun Raya Bogor berkembang pesat di bawah kepemimpinan berbagai ahli botani terkenal termasuk Johannes Elias Teijsmann, Rudolph Herman Christiaan Carel Scheffer, dan Melchior Treub.

Sejak didirikan, Kebun Raya Bogor berfungsi sebagai pusat penelitian utama pertanian dan hortikultura, dan merupakan kebun raya tertua di Asia Tenggara.[1] Saat ini Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi sebagai tempat wisata, terutama hari Sabtu dan Minggu.

Kebun Raya Bogor terletak di pusat kota Bogor dan bersebelahan dengan kompleks istana kepresidenan Istana Bogor.  Luasnya mencapai 87 hektar dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan.

Letak geografis Bogor yang mengalami hujan hampir setiap hari bahkan di musim kemarau menjadikan kebun ini sebagai lokasi yang menguntungkan untuk budidaya tanaman tropis.

Di Kebun Raya Bogor para pengunjung bisa mengunjungi Museum Zoologi yang menyimpan berbagai koleksi rangka maupun hewan yang sudah mematung karena diawetkan. Hewan-hewan tersebut menempati kotak-kotak pajangan yang berbentuk seperti akuarium.


Pengunjung yang sedang berwisata, tengah menatap Istana Bogor yang memang letaknya disamping Kebun Raya Bogor (Foto:Yangkapan Layar Media Sosial)

 

Kemudian, Menikmati Aneka Tumbuhan, Bersantai Di Sekitar Danau, dan bisa melihat langsung kemegahan Istana Bogor yang memang terletak dekat dengan Kebun Raya Bogor. Akses ke Kebun Raya Bogor ini dari Jakarta tergolong sangat mudah.

Bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi keluar dari tol Jagorawi. Bila menggunakan transportasi, bisa menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL) dari stasiun Bekasi ambil kereta yang melewati stasiun Manggarai. Kemudian di Stasiun Manggarai pindah kereta tujuan Bogor dan turun di stasiun Bogor.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Harga tiket masuk kebun raya terbilang sangat murah untuk ukuran taman yang luasnya puluhan hektar. Berikut daftar harga tiketnya.

Tiket Masuk Domestik & Mancanegara Weekday                        Rp15.500
Tiket Masuk Domestik & Mancanegara Weekend & Hari Libur    Rp25.500
Tiket Masuk Sepeda Weekday                                                     Rp15.000
Tiket Masuk Sepeda Weekend                                                     Rp20.000
Tiket Parkir Kendaraan
Tiket Mobil                                                                                    Rp50.000
Tiket Motor                                                                                   Rp5.000

Jam Buka

Senin-Jumat                                  08.00 – 16.00 WIB
Sabtu, Minggu & Libur Nasional    07.00 – 16.00 WIB
 

***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut