get app
inews
Aa Read Next : 6 Kota Terkecil Di Indonesia, Yogyakarta Masuk Urutan Berapa?

Sekali Seumur Hidup, Komet Langka ZTF Bakal Melintas Langit Indonesia, Begini Cara Melihatnya 

Minggu, 29 Januari 2023 | 10:11 WIB
header img
Komet ZTF bakal melintas sekali seumur hidup, jangan lewatkan (Foto: Pixebay)

JAKARTA, iNewskaranganyar.id - Awal Februari mendatang, akan ada komet yang melintas dekat Bumi.

Bahkan komet ini dapat diamati tanpa menggunakan alat bantu optik. Alias bisa dilihat dengan mata telanjang.

Seperti dikutip iNewskaranganyar.id, dari akun resmi LAPAN, komet ini bernama C / 2022 E3 ( ZTF ) . ZTF, singkatan dari Zwicky Transient Facility. 

Zwicky Transient Facility adalah nama dari sebuah fasilitas pengamatan astronomis dengan medan pandang yang lebar, yang menggunakan kamera yang terhubung dengan teleskop Samuel Oschin di Observatorium Palomar , California , Amerika Serikat . Komet ini pertama kali diamati pada 10 Juli 2021. 

Komet ini hanya melintas satu kali dalam seumur hidup dikarenakan orbitnya yang berbentuk hiperbola . Orbit hiperbola adalah orbit yang mempunyai nilai kelonjongan atau eksentrisitas lebih besar dari satu , sehingga membentuk kurva terbuka di kedua titik fokusnya.

Bandingkan dengan orbit parabola yang kelonjongannya tepat bernilai satu , atau orbit elips yang kelonjongannya berharga antara 0 hingga 1.

"Diperkirakan, komet ini akan melintas di dekat Bumi pada 02 Februari pukul 00.32 WIB / 01.32 WITA / 02.32 WIT pada jarak 42.472.000 km dari Bumi,"tulis Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), seperti dikutip iNewskaranganyar.id, Minggu (29/1/2023).

"Saat melintas dekat Bumi, komet ini sudah dapat disaksikan di seluruh Indonesia sejak tanggal 1 Februari pukul 18.30 hingga 2 Februari pukul 02.30 waktu setempat ( sesuai zona waktu masing - masing ) dari arah Utara dekat konstelasi Camelopardalis . Untuk DKI Jakarta dan sekitarnya," sambung Lapan.

Komet ini mencapai titik tertingginya pada pukul 21.53 WIB dengan ketinggian 11,9 derajat. Saat mencapai titik terdekat, komet ini terlihat di arah Utara dengan ketinggian 7,4 derajat untuk DKI Jakarta dan sekitarnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut