get app
inews
Aa Read Next : 6 Kota Terkecil Di Indonesia, Yogyakarta Masuk Urutan Berapa?

4 Gerhana Bakal Terjadi Sepanjang 2023, Tiga Diantaranya Bisa Disaksikan di Indonesia

Sabtu, 28 Januari 2023 | 07:31 WIB
header img
Gerhana Matahari Hibrida salah satu gerhana yang melintas Indonesia di sepanjang 2023 (Foto: Tangkapan Layar Instagram @lapan_ri)

JAKARTA, iNewskaranganyar.id - Ada tiga fenomena alam Gerhana yang bakal bisa disaksikan langsung di Indonesia sepanjang 2023. Sedangkan satu fenomena alam Gerhana yang juga akan terjadi di tahun ini tak bisa disaksikan di Indonesia.

Satu Gerhana yang tak bisa disaksikan di Indonesia itu adalah Gerhana Matahari Cincin.

Seperti dikutip iNewskaranganyar.id, dari akun resmi LAPAN @lapan_ri Gerhana Matahari Cincin hanya bisa dilihat di Amerika Serikat, Amerika Tengah, Brasil, dan Kolombia pada 14 Oktober 2023 atau 15 Oktober 2023 waktu Indonesia.

Sedangkan tiga fenomena alam yaitu Gerhana Matahari Hibrida, Gerhana Bulan Penumbra, dan Gerhana Bulan Sebagian bisa disaksikan langsung di Indonesia.

"Sedangkan Gerhana Matahari Cincin 15 Oktober tidak dapat disaksikan di Indonesia. Hal ini dikarenakan Indonesia tidak terkena bayangan antumbra maupun penumbra Bulan," tulis Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN),  dilihat iNewskaranganyar.id, Sabtu (28/1/2023).

1. Gerhana Matahari Hibrida pada 20 April 2023

 

Fenomena alam Gerhana pertama kali yang bakal melintas di Indonesia itu adalah Gerhana Matahari Hibrida. 

Seperti tercantum dalam BRIN, Gerhana matahari Hibrida ini akan terjadi pada 20 April 2023.

Gerhana Matahari Hibrida adalah Gerhana Matahari yang memiliki 2 macam Gerhana berbeda yang terjadi dalam satu waktu secara berurutan dalam satu fenomena, yaitu dimulai dengan Gerhana Matahari Cincin berubah menjadi Gerhana Matahari Total , kemudian kembali menjadi Gerhana Matahari Cincin dalam waktu singkat .

Brin menyebutkan tidak semua wilayah di tanah air yang bisa menyaksikan fenomena alam yang sangat luar biasa tersebut. Hanya Papua yang bisa menyaksikan fenomena alam yang akan terjadi sekira pukul 11.47 WIT.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut