get app
inews
Aa Read Next : 6 Misteri Mengerikan Gunung Kerinci, Lokasi Jatuhnya Helikopter yang Membawa Rombongan Kapolda Jambi

Cerita Pilot Helikopter Super Puma Mayor Pnb M Ravi Rakasiwi Saat Evakuasi Kapolda Jambi

Jum'at, 24 Februari 2023 | 22:20 WIB
header img
Mayor Pnb M Ravi Rakasiwi ditengah diapit dengan topi biru Danlanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) Kol Pnb Sigit Gatot Prasetyo dan topi loreng Danrem 042/Garuda Putih Brigjen TNI Supriono. (Foto: Azhari Sultan)

"Alhamdulillah, pencarian yang ketiga baru tembus ke TKP, sehingga satu persatu korban berhasil di evakuasi dari dalam hutan," ujar Ravi.

Usai anggota TNI Kopda Ahmad Novrizal yang merangkul tubuh lemah Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono yang berputar-putar terangkat naik dan masuk helikopter, betapa gembiranya tim evakuasi udara tersebut.

"Alhamdulillah, rasanya kami lega. Apa yang diusahakan kami untuk berusaha masuk sehingga berhasil melakukan evakuasi tidak bisa dibayarkan," ungkapnya.

Menurutnya, setelah byapak Kapolda masuk ke heli seluruh crew tenang tidak ada lagi rasa ke khawatiran yang selama ini berkecamuk di tim SAR gabungan dan masyarakat.

"Semua senang dan Bapak Kapolda bisa dibawa kembali ke Jambi untuk dilakukan melakukan pertolongan dan perawatan secara intensif," tutur Ravi.

Diakuinya, untuk mengevakuasi korban di perbukitan yang masih hutan belantara tidaklah mudah. Tim SAR gabungan harus melakukan rapat dan memperhitungkan segala sesuatunya.

"Kita harus melakukan planning, memantau cuaca, buka awannya kapan l, spot ketinggian gimana termasuk apa saja rintangannya. Begitu terbuka langsung ke TKP," tukasnya.

Dari pengalaman penerbangannya, yang perlu diperhatikan saat melakukan proses pertolongan, harus cocok dengan spot tersebut.

"Kalau visibility (jarak pandang) jelek, sama juga melakukan yang berbahaya. Jangan sampai, kita menolong justru kita yang ditolong," imbuh Ravi.

Dia juga menceritakan, butuh waktu sekitar 15 menit untuk mengevakuasi tubuh Kapolda Jambi yang didera cidera. 

"Pelaksanaannya sedikit lama, karena Kapolda harus dipindah ke tandu. Kurang lebih sekitar 15 menit. Evakuasi melalui rappelling," katanya.

Setelah berhasil diikat di tandu, sambungnya, barulah Kapolda Jambi diangkat naik ke dalam pesawat helikopter. Dengan berhasilnya proses evakuasi ini, dia berharap Kapolda Jambi beserta rombongan bisa sehat kembali.

"Semoga Bapak Kapolda Jambi dan rombongan yang terluka bisa cepat pulih dan bisa beraktivitas kembali," harap Ravi.

Selain diawaki oleh Mayor Pnb M Ravi Rakasiwi, personil TNI AU yang terlibat diantaranya Kapten Pnb Surya Mega dan melibatkan tim Kopasgat yang dipimpin oleh Letkol Pas Junaidi serta dibawah kendali Danlanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) Kol Pnb Sigit Gatot Prasetyo. ***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut