get app
inews
Aa Read Next : Misteri Gunung Malabar yang Penuh Kisah Horor, Raibnya Kerajaan Malabar

Kisah Mistis Gunung Sumbing, Mulai Pasar Watu Hingga Lokasi Pesugihan dengan Tumbal Nyawa

Kamis, 19 Januari 2023 | 14:40 WIB
header img
Gunung Sumbing, Gunung termistis kedua setelah Gunung Slamet (Foto: okezone)

TEMANGGUNG, iNewskaranganyar.id - Gunung-gunung di Jawa Tengah memiliki cerita misteri yang tersembunyi, makhluk-makhluk tak kasat mata pun menjadi lakon dalam cerita misteri tersebut. Dulu saat belum banyak orang mendaki, gunung menjadi tempat sakral yang menyimpan sejuta misteri.

Salah satunya Gunung Sumbing. Gunung yang secara administratif berada di tiga kabupaten, yaitu Magelang, Temanggung, dan Wonosobo merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa, ketinggian Gunung Sumbing 3.371 mdpl.

Bersama dengan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing membentuk bentang alam gunung kembar, seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, apabila dilihat dari arah Temanggung. 

Celah antara gunung ini dan Gunung Sindoro dilalui oleh jalan provinsi yang menghubungkan kota Temanggung dan kota Wonosobo. Jalan ini biasa dijuluki sebagai "Kledung Pass".

Meskipun kini gunung kian ramai dikunjungi pendaki, namun gunung-gunung tetap menunjukkan nuansa angkernya. Bahkan sampai sekarang banyak orang mengaku mengalami cerita misteri saat mendaki gunung.

Gunung Sumbing menjadi gunung paling menyeramkan setelah Gunung Slamet dan misteri Pasar Watu menjadi tempat paling horor, aura kemistisan Pasar Watu memang selalu bisa membuat bulu kuduk berdiri.

Selain itu banyak pendaki dan warga sekitar yang sudah mengaku pernah melihat mahluk bercahaya di kawasan Gunung Sumbing. Banyak yang berpendapat kalau mahluk bercahaya tersebut adalah rupa dari peri-peri kecil yang tidak ingin terlihat oleh para manusia.

Namun, ada juga yang menganggap mahluk-mahluk bercahaya itu adalah para jin yang ingin memperdaya para pendaki atau petualang saat dalam pendakian Gunung Sumbing.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut