get app
inews
Aa Read Next : Kontes Robot Nasional 2024, UMS Matangkan Persiapan! 

Wajah Baru Kota Solo, Semakin Cantik dengan Balutan Mural

Jum'at, 13 Januari 2023 | 07:30 WIB
header img
Sepanjang jalan Gatot Subroto mulai dihiasi gambar-gambar mural cantik, keren dan luar biasa (Foto:Ist)

Sementara di Gang Empu Sedah yang berada di bagian tengah Koridor Gatsu, layaknya di Penang, di gang ini terdapat puluhan mural bergaya mural interaktif dengan sentuhan instalasi yang menarik untuk dijadikan lokasi selfi bagi para pengunjung, misalnya mural dengan instalasi sepeda dan properti keseharian lainnya. 

Pengunjung dapat menikmati mural berpadu dengan keunikan kawasan di gang ini, yang terdiri dari rumah-rumah tua dan kuno yang banyak terdapat di sepanjang lorong gang Empu Sedah ini.


Mural mulai mempercantik wajah kota Solo (Foto: Ist)

 

Zona kampung mural di Kemlayan lainnya adalah di gang Empu Gandring dengan mural-mural bertema floral, gang Empu Barada dengan tema kekayaan kuliner Solo, serta gang Bedoyo dengan tema kekayaan musik kota Solo.

Di Gang Bedoyo merupakan gang tempat Maestro Almarhum Gesang dulu tinggal,sehingga secara khusus di lokasi ini juga diberi mural dengan tema figur Gesang dengan ukuran cukup besar.

Gang lainnya yang banyak terdapat mural adalah di gang soloissolo yang terletak di dekat lampu merah Sarpon sisi Koridor Gatsu. 

Gang ini penuh dengan mural bergaya grafiti di sepanjang lorong gang kecil tersebut, sehingga cukup artistik dan menarik layaknya kawasan wisata mural di Melbourne yang populer.

Kemudian yang terakhir, zona mural juga dihadirkan di gang Madura di kampung Timuran, tepatnya di depan Pasar Triwindu. 

Di gang sepanjang hampir 500 meter ini, di kanan kiri terdapat mural dengan tema budaya Solo dan dolanan anak tradisional, beberapa mural juga bersifat interaktif di kawasan ini.

Secara angka, terdapat seratusan spot mural di kawasan blok ini, dengan kalkulasi skala ribuan meter persegi mural dengan berbagai gaya dan tema, sehingga dirasa cukup memuaskan bagi para pengunjung.

Selain jumlah mural yang cukup masif, yang menarik dari mural-mural di kawasan ini adalah proses penciptaannya yang melibatkan publik dan stakeholder kota, dari mulai warga, para pemilik toko serta pemerintah, sehingga karya-karya seni mural yang terdapat di kawasan ini juga merupakan karya seni publik yang cukup kuat.***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut