Pasien BPJS Kini Bisa Cuci Darah Berstandar Internasional di PKU Muhammadiyah Karanganyar

Bramantyo
.
Selasa, 29 November 2022 | 22:03 WIB
PKU Muhammadiyah Karanganyar kini miliki mesin cuci darah moderen bertaraf Internasional (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Hemodialisis (HD) atau cuci darah merupakan metode yang dianjurkan bagi penderita gagal ginjal untuk memiliki harapan sembuh.

Kini, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Papahan, Tasikmadu, Karanganyar menyediakan layanan hemodialisis berstandar internasional. Ruang pelayanan hemodialisis ini berada di gedung baru milik PKU Muhammadiyah tepatnya di lantai 1. 

Pada awalnya pelayanan hemodialisis ini, dapat melayani hingga 10 pasien cuci darah setiap harinya. Karena di PKU terdapat 10 kapasitas bed dan 10 alat cuci darah untuk pasien.

Direktur RS PKU Muhammadiyah Karanganyar dr Aditia Nurcahyanto mengatakan saat ini baru tersedia sebanyak 10 mesin hemodialisa. Nantinya jumlah mesin itu akan terus bertambah seiring jumlah pasien yang harus segera mendapatkan perlayanan cuci darah.. 

"Saat ini terdapat 10 bed 10 mesin serta dokter specialis beserta fasilitas pendukung termasuk dokter yang menangani diharapkan bisa mencukupi kebutuhan pasien," ungkap Direktur RS PKU Muhammadiyah Karanganyar dr Aditia Nurcahyanto usai disela peresmian unit hemodialisa, di PKU Muhammadiyah, Karanganyar, Selasa (29/11/2022).

dr Aditia menjelaskan layanan unit hemodialisa tersebut juga tercover oleh BPJS sehingga meringankan biaya pasien. 


Ketua PWM Muhammadiyah Jawa Tengah, Dr Tafsir MAg saat meninjau unit cuci darah di PKU Muhammadiyah Karanganyar (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

 

"Kami berharap dibukanya layanan ini sangat membantu pasien karena tidak harus antre ke Solo namun RS PKU Muhammadiyah Karanganyar sudah memadai,"ungkapnya.

Sementara itu Ketua PWM Muhammadiyah Jawa Tengah, Dr Tafsir MAg mengatakan perkembangan RS PKU Muhammadiyah sangat dinamis secara bertahap namun menunjukkan kemajuan signifikan. 

Bahkan dari sebanyak 53 rumah sakit milik Muhammadiyah yang ada di Jawa Tengah, RS PKU tergolong cepat berkembang dibuktikan dengan hadirnya layanan Hemodialisis tersebut.

"Kami berikan apresiasi terhadap dinamika RS PKU Muhammadiyah Karanganyar yang membuka layanan unit hemodialisa semoga bermanfaat membantu masyarakat," ungkap Dr Tafsir MAg.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Karanganyar Dr Muhammad Samsuri MSi menambahkan selama ini problem masalah hemodialisa adalah tentang akses karena pasien harus ke Solo. 

Namun sekarang untuk kali pertama di Karanganyar RS PKU Muhammadiyah Karanganyar sudah menjawab kendala tersebut.

"Dengan unit baru hemodialisi serta  10 mesin serta fasilitas memadai diharapkan membantu pasien dari Karanganyar dan sekitarnya,"jelasnya. ***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News

Bagikan Artikel Ini