get app
inews
Aa Read Next : Gagal Perang Sarung di Nayu Solo, 1 Pelaku Diamankan

Keluarga Besar Presiden Jokowi Gelar Gladi Resik, Seperti Ini Suasana Prosesinya

Minggu, 27 November 2022 | 15:06 WIB
header img
Tiga Menteri terlibat prosesi acara ngundu mantu pernikaha putra Presiden Jokowi (Foto: iNewslaranganyar.id/Bramantyo)

Didalam Puro Mangkunegaran, ketiga Menteri tampak saling berkoordinasi. Mereka berkoordinasi menyangkut prosesi Ngunduh mantu putra bungsu Presiden Jokowi dan Iriana

Dalam prosesi gladi resik Ngundu Mantu, Kaesang sendiri tak terlihat. Pada wartawan, Erick Thohir mengatakan bila dirinya dan para Menteri serta yang terlibat dalam prosesi Ngunduh Mantu Kaesang, berkoordinasi menyangkut banyak hal.

Mulai lokasi parkir, tempat transit, halaman Puro Mangkunegaran, hingga Pendapa Ageng Puro Mangkunegaran.

Gladi bersih ini dilakukan agar kegiatan Ngundu Mantu Kaesang berjalan lancar. Dan selama prosesi, hak masyarakat lainnya tidak terganggu.

"Baik, hari ini kami menggelar Ngunduh Mantu yang dipusatkan di Lodji Gandrung. Semua prosesi ini kami lakukan di Lodji Gandrung sesuai dengan tradisi jawa. Kami tak berani meninggalkan tradisi Jawa. Setelah selesai, kami melanjutkan ke Puro Mangkunegaran,"papar Erick Thohir.

Jadi alhamdulillah hari ini, ngunduh mantu kan di Loji Gandrung semua acara di sana baru naik kereta ke sini (Puro Mangkunegaran)," kata Erick setelah meninjau di Puro Mangkunegaran, hari ini.

Menurut Erick Thohir, kereta kencana yang tadi dinaiki dirinya dan Menhub Budi Karya ini juga bagian dari rangkaian proses Ngundu Mantu.

Nantinya kedua mempelai saat prosesi ngunduh mantu juga menggunakan kereta kencana sambil menyapa para masyarakat. Rencanannya saat Ngundu Mantu kereta yang akan di gunakan ada 9 dan 10 kereta.

"Kereta kencana itu bagian dari prosesi. Nantinya kedua pengantin akan naik kereta kencana sambil menyapa masyarakat. Ada 9 atau 10 kereta yang telah dipersiapkan,"terangnya.

Informasi yang didapat iNewskaranganyar.id menurut rencana Presiden Jokowi besok akan mengunjungi Kota Solo. Belum didapat apa agenda kerja Presiden selama di Solo. Namun dari informasi yang didapat, rencananya Jokowi bakal mengecek persiapan akhir Ngundu Mantu pernikahan putranya. ***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut