get app
inews
Aa Read Next : Jaritangan Ganjar Gotongroyong Bebersih Makam Bareng Warga Kartasura:Menjaga Ingatan & Budi kebaikan

Mengungkap Sejarah Misteri Keramat Batok, Makam Uyut Gabid Bekasi

Kamis, 10 November 2022 | 15:25 WIB
header img
Mengungkap Sejarah Misteri Keramat Batok, Makam Uyut Gabid Bekasi (Foto: Sindonews)

Lalu dengan kesaktian Uyut Gabid mencoba mencari tahu dan bertemu dengan seorang kakek - kakek dan mengaku sebagai Uyut Batok dan meminta Uyut Gabid untuk mengubur batak tersebut. 

Kemudian dari sinilah tempat tersebut dinamakan kramat batok. Kiai Uyut Gabid pun beserta pengikutnya tetap berjuang untuk melawan pemerintah Kolonial Belanda. 
Saman Juru Kunci Kramat Batok mengatakan, setelah pertemuan dengan Uyut Batok setiap tanggal 10 Muharam Uyut Gabid selalu mengadakan syukuran bersama masyarakat setempat. 

Konon karena dengan ketaatan dan ketekunannya dalam beribadah sehingga Allah SWT memberikan karomah terhadap Kiai Uyut Gabid dan tempat tersebut sehingga dikenal sebagai Kramat Batok.

"Hingga hari ini kegiatan tersebut dilanjutkan oleh anak cucunya. Dalam syukuran tersebut akan disembelih seekor kerbau dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat setempat. Selain itu keturunan Uyut Gabid mengadakan hiburan seperti tari topeng, wayang kulit dan jaipongan. Uniknya tradisi tersebut selalu ramai didatangi oleh ratusan hingga ribuan orang namun tidak terjadi keributan. Bahkan di era perjuangan Kemerdekaan Indonesia hanya dalam syukuran inilah tentara Kerajaan Belanda, pejuang kemerdekaan, para bandit dan masyarakat berkumpul dan tidak terjadi konflik di tempat tersebut. Kemudian inilah yang disebut Kramat batok," tandasnya. ***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut