get app
inews
Aa Read Next : Cocote Tonggo Film Kehidupan Bertetangga Karya Bayu Skak,Full Gunakan Bahas Jawa Mataraman Khas Solo

Hobi Unik Kusumo Putro, Gemar Koleksi Lukisan Nyi Roro Kidul Hingga Rasakan Hal Gaib

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 10:30 WIB
header img
BRM Kusumo Putro miliki hobi cukup unik sangat gemar mengkoleksi Lukisan Nyi Roro Kidul (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

Di lukisan tersebut, tergambar sosok perempuan menggunakan kemben atau kemban semacam pakaian tradisional yang biasa dipakai perempuan Jawa berwarna hijau, tergambar tengah berjalan diatas ombak laut. Sedangkan disampingnya, Nyai Roro Kidul tengah mengurai rambutnya yang hitam panjang.

Menurut Kusumo yang juga Ketua Lembaga Pemerhati dan penyelamat Seni Budaya Indonesia (DPPSBI) mengatakan sejak akhir 2017, dirinya sudah memiliki lukisan Nyai Roro Kidul sebanyak 14 lukisan.


Lukisan Nyi Roro Kidul yang dikoleksi BRM Kusumo Putro (Foto:iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

Target Kusumo, hingga akhir 2022 nanti, dirinya bisa mengkoleksi lukisan Nyai Roro Kidul sebanyak 50 lebih lukisan. Yang membedakan,lukisan ini dipesan langsung dari para pelukisnya.

"Saya meminta tiga orang pelukis untuk melukiskan langsung. Semua alat-alat lukisnya dari saya. Sebelum mereka saya minta untuk melukis, alat-alat lukis ini saya bawa terlebih dahulu ke Parangkusumo,"terangnya.

Meski meminta pelukis untuk melukis Nyai Roro Kidul, ungkap Kusumo, bukan berarti para pelukis ini bisa seenaknya melukis Nyai Roro Kidul. Mereka diminta melukis sesuai dengan gambaran yang diberikan langsung oleh Kusumo.

"Jadi lama juga terkumpulnya. Soalnya, mereka (para pelukis) ini menggambar sesuai pemikiran saya. Jadi para pelukis ini tidak bisa melukis seenaknya,"ungkapnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut