get app
inews
Aa
Read Next : 10 Tempat Wisata di Dunia Tak Boleh Difoto, Nekat Selfi Penjara Menanti, Apa Saja?

Mengenal Jauh Alam Barzah, Tempat Singgah Manusia Selanjutnya Sebelum Hari Kebangkitan

Kamis, 29 September 2022 | 19:32 WIB
header img
Alam Barzah merupakan alam perbatasan antara dunia dan akhirat (Foto: Sindonews)

KARANGANYAR,iNewskaranganyar.id - Alam Barzah merupakan tempat singgah manusia selanjutnya setelah alam dunia. Di alam Barzah, manusia akan tinggal hingga hari kebangkitan.

Dikutip dari mui.or.id, Anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Nurul Irfan mengatakan alam barzakh sebagai sekat antara dunia dan akhirat.

Manusia-manusia yang menghuni alam barzakh dikatakannya dapat melihat alam dunia maupun akhirat. Selain itu, ada pula yang mengatakan bahwa alam barzah adalah alam kubur, gerbang menuju akhirat.

Tapi bukan berarti manusia yang akan melalui alam barzah adalah mereka yang jasadnya dikubur saja. Menurut Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA, pun kondisi jasad setelah meninggal ruhnya akan tetap mencapai alam barzakh.

"Tetap juga alam barzakh akan dijangkau bagi orang yang dimakan oleh binatang, tidak ditemukan potongan tubuhnya, orang yang habis terbakar, orang yang tenggelam di lautan, atau apa saja."

"Fisiknya sehancur apa pun tetap ruhnya akan sampai ke alam barzakh," jelas Ustadz Khalid Basalamah, dikutip dari kanal YouTube Dakwah Sunnah 15, Jumat (9/9/2022). 

Apa yang Terjadi di Alam Barzah?

Ustadz Khalid Basalamah menjelaskan tentang pendapat ulama yang menyebut alam barzah tidak kenal lagi dimensi waktu. Hal ini berarti malam atau siang tidak lagi berfungsi bagi orang-orang yang sudah meninggal dunia.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut