Logo Network
Network

Kunci Sukses Menjawab 6 Pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur

Lutfan Faizi
.
Rabu, 03 Agustus 2022 | 06:48 WIB
Kunci Sukses Menjawab 6 Pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir di Alam Kubur
Setiap manusia yang memasuki alam kubur akan ditanya oleh Malaikat tentang enam perkara. (Foto:ilustrasi/Pixebay)

KARANGANYAR,iNews.id - Kehidupan manusia selanjutnya setelah dunia adalah alam Barzah atau alam kubur. Dan kehidupan itu pasti akan dialami semua manusia. Berbeda dengan alam dunia yang dipenuhi dengan gemerlap kemewahan, di alam barzah ini tidak ada kemewahan.

Yang ada hanyalah amalan selama dialam dunia yang akan menemani langkah selanjutnya alam akhirat. Tak ada kemewahan, cahaya terang benerang dan tawa. Dialam dunia yang ada hanyalah kegelapan abadi.

Dan cahaya yang didapat hanyalah amalan selama didunia yang akan menerangi alam kubur. Setiap manusia yang memasuki alam kubur akan ditanya oleh Malaikat tentang enam perkara.

Kehidupan di alam kubur cukup panjang, banyak ujian di dalamnya. Apabila seseorang selamat di alam kubur maka setelahnya akan lebih mudah bagi dia. Nabi shollallohu 'alaihi wasallam mengingatkan manusia tentang fitnah kubur. 

"Wahai manusia, berlindunglah kalian dari siksa (azab) kubur, sesungguhnya azab kubur itu benar adanya." (HR Ahmad) Sejak di bangku sekolah, kita diajarkan bahwa ketika berada di alam kubur ada dua Malaikat yang mendatangi kita yaitu Malaikat Munkar dan Nakir. 

Kedua Malaikat ini ditugaskan oleh Allah untuk menanyakan ahli kubur. Dalam buku "Rahasia Kunci Jawaban di Alam Kubur" karya Dr KH Asep Dadang disebutkan, pertanyaan pertama Malaikat Munkar dan Nakir adalah seputar rukun Islam, yaitu Syahadat. 

Hal ini dijelaskan dalam salah satu rwayat hadis:

المسلم اذا سئل فى القبر يشهد ان َل اله اَل هللا وان محمدا رسول هللا. روه متفق عليه 

Artinya: "Seorang muslim apabila ditanya di Alam Kubur adalah tentang dua kalimat syahadat". (HR Muttafaqun 'Alaih) Berikut pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir seputar syahadat. 

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini