get app
inews
Aa Read Next : Mitos Letusan Dahsyat Gunung Slamet, Pulau Jawa dalam Bayang Bayang Ramalan Jayabaya, Apa itu?

Ini Deretan 7 Keris Sakti Pusaka Ampuh dari Pulau Jawa

Kamis, 22 September 2022 | 13:11 WIB
header img
7 pusaka ampuh dari Pulau Jawa (Foto:iLustrasi/Okezone)

4. Keris Ageng Kopek 

Merupakan pustaka utama di lingkungan Keraton Yogyakarta. Keris ini peninggalan Sunan Kalijaga. Selain itu dinilai memiliki kedudukan tinggi karena jasa-jasanya sebagai senjata utama sultan.

Sejak Pakubuwono III memberikan keris tersebut kepada Hamengkubuwono I, keris ini selalu menyertai raja. Dari Hamengkubuwono I hingga Hamengkubuwono X, pusaka ini selalu dipakai.Sehingga pusaka tersebut hanya bisa dipegang oleh Sultan yang bertahta di Keraton Yogyakarta.  

5. Keris Joko Piturun 

Termasuk pusaka di lingkungan Keraton Yogyakarta. Keris ini biasanya diberikan kepada putra mahkota. Dalam filsafat Jawa, keris merupakan senjata tradisional yang sangat berhubungan erat dengan kaum laki-laki. 

Konon dalam sabda raja Sultan Hamengkubuwono X, dia akan menyempurnakan keris Kanjeng Joko Piturun yang merupakan pengubahan perjanjian Kerajaan Mataram. 

6. Keris Taming Sari 

Awalnya dimiliki oleh Taming sari. Hang Tuah mengambil keris ini karena telah berhasil mengalahkan Taming Sari dalam pertempuran. Konon, Hang Tuah difitnah dan mendapatkan hukuman mati. 

Namun, hukuman mati tidak pernah dikeluarkan karena Hang Tuah dikirim ke tempat tersembunyi.  Mendengar Hang Tuah akan mati, sahabat karibnya, yakni Hang Jebat murka dan ingin membalas dendam. Dengan memegang keris Taming Sari yang diberikan oleh Hang Tuah, Hang Jebat membuat kacau balau kerajaan.

Untuk mengatasinya, raja kembali memanggil Hang Tuah untuk menghentikan tindakan Hang Jebat. Setelah tujuh hari bertarung, Keris Taming Sari kembali direbut dari tangan Hang Jebat, sekaligus membunuhnya.  

7. Keris Kiai Carubuk 

Merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Konon, keris ini mampu menandingi kesaktian keris Kiai Setan Kober. Sunan Kalijaga mewarisi keris ini dan digunakan dalam berbagai pertempuran.

Carubuk memiliki arti ‘bagaikan bumi’. Keris Kiai Carubuk memiliki makna agar manusia bisa menerima segala situasi, baik suka maupun tidak suka dengan lapang dada.

Konon dikatakan, dapat membuat lawan tergesa-gesa dan ceroboh dalam bertarung. Itulah deretan keris sakti berasal dari Pulau Jawa. Sampai saat ini, tak ada yang tau pasti keberadaan keris-keris sakti ini.

Berita ini telah tayang di iNewsjatim dengan judul "7 Keris Sakti Berasal dari Pulau Jawa, Nomor 3 Dipercaya Miliki Kutukan"

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut