get app
inews
Aa Read Next : Mitos Letusan Dahsyat Gunung Slamet, Pulau Jawa dalam Bayang Bayang Ramalan Jayabaya, Apa itu?

Dijuluki Atap Pulau Jawa, Ini Deretan Gunung di Jawa Timur

Jum'at, 25 Agustus 2023 | 21:16 WIB
header img
Deretan Gunung di Jawa Timur (Foto: iNewsjabar)

SURABAYA, iNewskaranganyar.id - Berikut ini deretan gunung yang terdapat di Provinsi Jawa Timur.  Provinsi Jawa Timur, mendapatkan predikat atapnya Pulau Jawa. Secara fisiografi wilayah dapat dikelompokkan dalam tiga zona. Pertama, zona selatan (plato). Kedua, zona tengah (gunung berapi), dan ketiga, zona utara (lipatan).

Dikutip dari Wikipedia, dataran rendah dan dataran tinggi pada bagian tengah (dari Ngawi, Blitar, Malang, hingga Bondowoso) memiliki tanah yang cukup subur. 

Pada bagian utara (dari Bojonegoro, Tuban, Gresik, hingga Pulau Madura) terdapat Pegunungan Kapur Utara, dan Pegunungan Kendeng yang relatif tandus. Pada bagian tengah terbentang rangkaian pegunungan berapi. Di perbatasan dengan Jawa Tengah terdapat Gunung Lawu (3.265 meter).  Di sebelah barat daya dan selatan Kabupaten Nganjuk tedapat Gunung Wilis (2.169 meter) dan Gunung Liman (2.563 meter). 

Pada koridor tengah terdapat kelompok Anjasmoro dengan puncak-puncaknya Gunung Arjuno (3.339 meter), Gunung Welirang (3.156 meter), Gunung Butak (2.868 meter), Gunung Anjasmoro (2.277 meter), Gunung Kawi (2.551 meter), dan Gunung Kelud (1.731 meter).

Pegunungan tersebut terletak di sebagian Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Jombang. Kelompok Tengger memiliki puncak Gunung Bromo (2.329 meter) dan Gunung Semeru (3.676 meter). 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut