get app
inews
Aa Read Next : Imbas Abu Vulkanik Marapi, Bandara Minangkabau Ditutup Sementara

11 Gunung Tertinggi di Pulau Sumatera, Beberapa Masih Aktif

Jum'at, 22 September 2023 | 18:54 WIB
header img
11 Gunung tertinggi di Pulau Sumatera (Foto: Tangkapan layar)

JAMBI,iNewskaranganyar.id - Gunung Kerinci yang terletak di perbatasan Sumatera Barat dan Jambi merupakan gunung tertinggi di pulau Sumatera. Seperti halnya pulau Jawa, di pulau Sumatera inipun banyak terdapat pegunungan dengan ketinggian mencapai 3.000-an meter dengan status yang aktif maupun tidak.

Berikut ini 11 gunung tertinggi di Pulau Sumatera, seperti dikutip dari Okezone yakni:

1. Gunung Kerinci

Gunung dengan ketinggian 3.805 ini merupakan gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Gunung ini terakhir kalinya meletus pada tahun 2009 silam. Gunung Kerinci dikenal juga dengan nama Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci, atau Puncak Indrapura.

Gunung ini memiliki kawah seluas 400x120 meter dan diisi dengan air yang berwarna hijau menawan. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera.

2. Gunung Leuser

Gunung Leuser memiliki ketinggian 3.445 mdpl. Di sekitar gunung menjadi Taman Nasional Gunung Leuser dan memiliki status nasional.

Tahun 1980, salah satu gunung tertinggi di Pulau Sumatera ini masuk ke dalam cagar biosfer, ASEAN Heritage Park (1984), Tropical Rainforest Heritage of Sumatra (2004), dan kawasan lindung nasional (2008).

3. Gunung Dempo

Ketinggian gunung Dempo adalah 3.159 mdpl. Gunung ini terletak di perbatasan Bengkulu dan Sumatera Selatan, yang statusnya masih aktif hingga kini. Gunung Dempo dikenal sebagai kawasan penghasil kopi robusta yang populer di Kota Pagaralam.

4. Gunung Bandahara

Terletak di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh, Gunung Bandahara memiliki ketinggian 3.030 mdpl. Gunung ini menjadi gunung tertinggi kedua, setelah Gunung Leuser di Aceh.

5. Gunung Talamau

Gunung Talamau berada di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. Gunung ini biasa digunakan sebagai jalur pendakian, dan daya tarik wisata lain seperti air terjun dan telaga yang jadi daya tarik wisata.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut