get app
inews
Aa Read Next : Mitos Letusan Dahsyat Gunung Slamet, Pulau Jawa dalam Bayang Bayang Ramalan Jayabaya, Apa itu?

Ini Deretan 7 Keris Sakti Pusaka Ampuh dari Pulau Jawa

Kamis, 22 September 2022 | 13:11 WIB
header img
7 pusaka ampuh dari Pulau Jawa (Foto:iLustrasi/Okezone)

KARANGANYAR, iNews.id – Bagi masyarakat di Pulau Jawa, keris memiliki nilai tertentu karena kekuatannya. Keris sakti banyak dihormati dengan wujud ritual-ritual tertentu. Keris sakti berasal dari Pulau Jawa yang dipercaya sebagai benda pusaka memiliki kekuatan supranatural. 

Kekuatan yang dimiliki keris sakti ini banyak membuat orang tertarik. Bagi masyarakat di Pulau Jawa, keris memiliki nilai tertentu karena kekuatannya. Keris sakti banyak dihormati dengan wujud ritual-ritual tertentu. 

Deretan Keris Sakti Berasal dari Pulau Jawa, yakni: 

1. Keris Setan Kober 

Dikenal juga dengan sebutan Bronggot Setan Kober, merupakan keris buatan Mpu Supo Mandrangi yang dimiliki oleh Sunan Kudus. Keris tersebut diwariskan kepada muridnya, Arya Penangsang atau dikenal juga sebagai Adipati Jipang Panolan. 

Arya Penangsang dikenal dengan kemampuan sakti dengan kepribadiannya yang tegas. Sedangkan keris setan kober terkenal sebagai senjata haus darah dan membawa hawa panas. 

Sifat pemarah Adipati Jipang Panolan ini muncul karena memiliki keris pusaka. Dalam sejarah disebutkan, sang pemilik keris Arya Penangsang, tewas terhunus kerisnya sendiri.  Hingga kini, tidak ada yang tahu pasti di mana keberadaan keris pusaka tersebut. 

2. Keris Nogososro 

Merupakan pusaka legendaris di tanah Jawa yang digunakan pemimpin pada masa lampau. Keris ini diketahui memiliki kesaktian yang akan diwariskan kepada pemiliknya.  Pembuat keris nogososro yaitu, Empu Supo Mandrangi dengan tujuan meredam bencana. Keris ini dinilai sebagai keris paling sakti.

Liuk 13 dengan motif naga utuh dari bagian gandhik sampai ekor dengan mulut naga yang menggigit batu intan. Selain itu, keris ini memiliki 1.000 sisik dengan makna untuk menolak 1.000 bencana. Nogososro merupakan simbol kepemimpinan yang adil dan bijaksana. Naga dalam keris ini berarti kekuatan dan kekuasaan. Hanya pemimpin sejati yang dapat memiliki keris nogososro.

3. Keris Mpu Gandring 

Merupakan pusaka yang terkenal dari Kerajaan Singasari. Dikenal memiliki kutukan dari sang pembuat, Mpu Gandring. Keris ini benar-benar menewaskan tujuh raja Singasari. 

Kutukannya bermula karena sifat tak sabar dari pemesan keris. Keris tersebut dibuat atas pesanan Ken Arok untuk membunuh Tunggul Ametung karena dia jatuh cinta kepada istri Tunggul Ametung.

Mpu Gandring menjanjikan keris ampuh untuk membunuh Tunggul Ametung dalam waktu satu tahun, namun belum sampai satu tahun, Ken Arok tidak sabar dan merebut keris yang belum sempurna kemudian menusukkannya ke dada Mpu Gandring hingga tewas.  Dalam kondisi sekarat, Mpu Gandring mengutuk keris tersebut nantinya akan membunuh tujuh penguasa.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut