get app
inews
Aa Read Next : Gagal Perang Sarung di Nayu Solo, 1 Pelaku Diamankan

Lega, Akhirnya BI Ganti Uang Samin Penjaga Sekolah SDN Lodjiwetan Solo yang Dimakan Rayap

Kamis, 15 September 2022 | 14:56 WIB
header img
Bank Indonesia akhirnya mengganti uang tabungan milik Samin yang dimakan rayap setelah memenuhi ketentuan pergantian uang rusak ke uang baru (Foto: Humas BI Solo)

KARANGANYAR,iNews.id - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Solo akhirnya mengganti uang milik Samin yang rusak akibat dimakan rayap setelah penjaga SDN Lodjiwetan, Pasar Kliwon itu telah memenuhi persyaratan penukaran uang rusak. Besaran uang milik Samin yang berhasil diganti uang baru oleh BI senilai Rp20.220.000.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Solo, Nugroho Joko Prastowo, mengatakan, proses penukaran uang rusak ke uang baru itu dilakukan langsung oleh Samin. Samin tiba di BI didampingi istrinya Sri Kadarwati sekira pukul 11.00 WIB.

Setelah melalui pengecekan ulang, BI, ungkap Nugroho, akhirnya mengganti uang milik Samin. Setelah dipastikan penukaran uang rusak ke uang baru sesaui peraturan pergantian uang. 

Nugroho menyampaikan pihak BI membantu Samin menyusun dan merekonstruksi serpihan-serpihan uang kertas. Merekontruksi uang milik Samin yang rusak ditujukan agar memenuhi persyaratan penukaran uang rusak atau cacat.

Seperti diketahui, Samin datang ke Bank Indonesia pada hari Selasa 13 September 2022. Dari pengecekan pihak BI, jumlah uang yang memenuhi persyaratan seperti 2/3 dari ukuran aslinya atau sekitar 68 persen hanya Rp9.910.000.


Pegawai Bank Indonesia membantu Samin menyusun kembali uang miliknya yang dimakan rayap (foto: Humas BI Solo)

Kemudian dibantu oleh pegawai Bank Indonesia, Samin pun menyusul kembali uang-uang miliknya. Hingga uang kertas yang bisa disusun kembali dan memenuhi persyaratan penukaran senilai Rp10.310.000. Sehingga total nilai uang rusak dimakan rayap yang bisa ditukar senilai Rp20.220.000.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut