Logo Network
Network

5 Pengusaha Terkaya Indonesia Ini Dulunya Hidup Susah Hingga Tinggal di Losmen Kumuh

Feby Novalius
.
Sabtu, 10 September 2022 | 14:18 WIB
5 Pengusaha Terkaya Indonesia Ini Dulunya Hidup Susah Hingga Tinggal di Losmen Kumuh
Kisah 5 Pengusaha Terkaya Indonesia sempat Hidup Susah Hingga Tinggal di Losmen Kumuh Sebelum Jadi Triliuner (Foto: Pixebay)

4. Sudono Salim

Indomie adalah salah satu merek mi instan yang populer di Indonesia. Mi ini berada di bawah naungan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.

Namun, Indofood tidak hanya memproduksi Indomie. Banyak produk-produk tenar lainnya yang muncul dari perusahaan ini seperti Pop Mie, Chitato, Indomilk dan masih banyak lagi.

Di mulai dari titik nol, Salim tidak serta merta meraih kesuksesan dalam perjalanan usahanya. Sejak pindah dari China (Tiongkok) ke Indonesia, Salim pada awalnya mencoba usaha perdagangan tembakau dan cengkeh di Kudus, Jawa Tengah pada usia 25 tahun. Setelah sempat berjaya, pada 1942 bisnisnya bangkrut lantaran kedatangan Jepang yang menghentikan semua kegiatan ekonomi masyarakat.

5. Bob Sadino 

Pengusaha nyentrik Indonesia yang kerap tampil dengan menggunakan celana pendek, Bob Sadino, rupanya tidak menamatkan pendidikannya di Fakultas Hukum, Universitas Indonesia. Melansir Okezone, Bob kehilangan sang ayah saat usianya menginjak 19 tahun.

Tanpa ia sangka, ayahnya melimpahkan seluruh warisannya kepada Bob. Akhirnya, Bob menggunakan warisan itu untuk berkeliling dunia, termasuk Belanda dan Jerman. Di Belanda, Bob bekerja di Djakarta Llyod yang berlokasi di Amsterdam dan Hamburg. Saat itu pula, ia bertemu dengan istrinya, Soelami Soejoed.

Bob tetap optimis dan mencoba peruntungan lain di dunia ternak ayam petelur. Perlahan namun pasti, usahanya itu berkembang pesat dan dikenal masyarakat luas. Baik dalam maupun luar negeri. Lelaki yang wafat pada 2015 ini selalu mengungkapkan bahwa kegigihan adalah kunci utama keberhasilan.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini