get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Selain Pendiri Gojek, Nadiem Makarim Miliki 13 Perusahaan, Apa Saja?

Terungkap! BBM Impor dari Singapura Ternyata Minyak Asal Indonesia, Kok Bisa?

Selasa, 06 September 2022 | 15:23 WIB
header img
Singapura mengekspor minyak ke Indonesia yang asalnya juga dari Indonesia. (Foto/SINDOnews)

KARANGANYAR,iNews.id - Indonesia bergantung pada impor BBM dari Singapura. Dipastikan, setiap tahun, Indonesia mengimpor BBM dari Singapura.  Kondisi ini jelas menguras devisa negara. Bahkan, impor BBM ini pula yang membuat Indonesia rutin mengalami defisit perdagangan dengan negara tetangga ini. Yang mengejutkan, meski Indonesia mengimpor BBM dari negeri tersebut, namun ternyata BBM asal Singapura itu berasal dari Indonesia. Kok bisa?

Singapura merupakan salah satu negara maju yang memilki kilang minyak dengan teknologi canggih. Meski tak memiliki ladang minyak, selama puluhan tahun Singapura menjadi salah satu produsen BBM terbesar dunia. Nah yang menarik, salah satu sumber baham minyak mentah Singapura itu berasal dari Indonesia. 

Artinya BBM yang diekspor ke Singapura itu merupakan eksploitasi dari ladang minyak di Indonesia. 

Kemudian, BBM itu diimpor kembali oleh Indonesia, jadi cuma bolak-balik saja. Berdasarkan data lembaga informasi energi milik pemerintah Amerika Serikat (AS), Energy Information Administration (IEA), kapasitas kilang minyak di Singapura mencapai 1,4 juta barel per hari.

Editor : Bramantyo

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut