get app
inews
Aa Read Next : BP Batam Tularkan Ilmu Agar UMKM Solo Jadi Pengusaha Besar

Kisah Mantan Tukang Becak Asal Cirebon Kini Jadi Kaya Raya Jadi Pengusaha Garam

Minggu, 04 September 2022 | 19:58 WIB
header img
Sanim awalnya berprofesi sebagai tukang becak. Kini berkat ketekunananya, Sanim sukses jadi jutawan (Foto: inews.id)

KARANGANYAR, iNews.id - Sanim pria asal Cirebon ini sukses merintis usaha pembuatan garam. Meski sekolah dasar saja Sanim tak sampai lulus, namun berkat ketekunan berusaha pria yang hanya mengenyam bangku kelas 4 SD ini, usaha pengelolahan garam yang dirintisnya maju.

Awalnya Sanim yang hanya bersekolah hingga kelas 4 SD kebingungan harus bekerja apa untuk mendapatkan nafkah. Pasalnya bila harus mengandalkan ijazah, jelas dirinya tak punya. Sanim yang kebingungan akhirnya memutuskan bekerja sebagai tukang becak.

Sanim giat mengayuh becak mulai dari pagi hingga sore hari. Namun, penghasilan tersebut hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari saja. Hal ini lah yang kemudian menuntutnya untuk mencari jalan mendapatkan uang tambahan.

Bersama teman-teman tukang becaknya, Sanim mendaftar sebagai buruh sebuah pabrik yang pada saat itu membuka lowongan besar-besaran. Tanpa berbekal pengalaman dan pengetahuan, Sanim berharap agar dia bisa meningkatkan kesejahteraan hidupnya dengan menjadi pegawai pabrik, mengingat semakin turunnya angka penumpang becaknya. 

Seiring berjalannya waktu, berkat kegigihannya, keuangan keluarga Sanim mulai membaik dibandingkan saat membecak dulu. Berbekal pendapatan inilah dia akhirnya mengundurkan diri dan lebih memilih membuka usaha sendiri.

Selain itu, mundurnya Sanim juga dipengaruhi oleh kesadarannya atas potensi bisnis garam yang bisa lebih maju jika dimanfaatkan dengan baik. Atas dasar tersebut, dia memutuskan untuk membuka usaha garam sendiri.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut