get app
inews
Aa Read Next : Perang Panas Hacker Indonesia dan India Berlanjut,Giliran Situs Pemerintah India Dijebol

Profil Sukses Bos Bajaj Semasa Hidup, Miliarder dengan Harta Rp117 Triliun

Kamis, 01 September 2022 | 19:21 WIB
header img
Kisah Rahul Bajaj semasa hidup. (Foto: Forbes)

KARANGANYAR, iNews.id - Rahul Bajaj semasa hidupnya sukses mendirikan emeritus Bajaj dan anggota tertua dari klan Bajaj Rahul Bajaj semasa hidupnya.

Bajaj adalah cucu dari pendiri grup Bajaj, Jamnalal Bajaj. Dia mendirikan grup Bajaj tersebut pada tahun 1926. Jamnalal menemukan seorang mentor di Mahatma Gandhi, bergabung dengan gerakan kebebasan dan menjalankan bisnisnya pada nilai-nilai Gandhi dengan fokus pada kualitas.

Putra tertua Jamnalal, Kamalnayan, mengambil alih pada tahun 1942 dan berkembang menjadi manufaktur, terutama skuter. Adik Kamalnayan, Ramkrishna, mengambil alih kepemimpinan pada tahun 1972 hingga kematiannya pada tahun 1994, ketika tongkat estafet diserahkan kepada Rahul.

Di bawah Rahul Bajaj, grup ini tumbuh menjadi konglomerat dengan 40 perusahaan di sektor-sektor seperti kendaraan roda dua, jasa keuangan, dan peralatan listrik.

Dia bergabung dengan peringkat miliarder untuk pertama kalinya pada tahun 2007 dengan kekayaan bersih USD1,1 miliar atau setara Rp15,7 triliun (kurs Rp14.300 per USD).

Pada saat kematiannya, kekayaan Bajaj bernilai sekitar USD8,2 miliar atau setara Rp117,2 triliun. Dengan kekayaannya tersebut, dia berada di peringkat ke-302 di dunia, menurut peringkat miliarder real-time Forbes.

Diketahui, Rahul Bajaj dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu (12/2/2022) di usia ke-83 tahun, di kota Pune.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut