get app
inews
Aa Read Next : Peringatan Hari Ini, Ini 3 Doa untuk ibu Lengkap Bacaan Arab, Latin, Artinya

10 Ilmuan Besar Muslim di Akui Dunia, Temuannya Banyak Merevisi Penemuan Bangsa Barat

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 16:52 WIB
header img
Ilustrasi ilmuwan Muslim yang berpengaruh dalam kehidupan modern. (Foto: YouTube Data Fakta)

KARANGANYAR,iNews.id - Banyak ilmuwan Muslim yang menemukan metode-metode baru dan banyak merevisi penemuan-penemuan ilmuwan bangsa Barat. Puncak kejayaan peradaban Islam berada pada era pertengahan saat banyak Muslim menjadi ilmuwan. 

Bahkan, hasil penemuan ilmuwan Muslim menjadi barometer bagi ilmuwan dunia.

Nah, berikut 10 ilmuwan muslim yang berpengaruh dalam kehidupan modern, seperti dihimpun dari kanal Youtube Data Fakta, Sabtu (27/11/2021).

1. Jabir Ibn Yahya (721–815 Masehi)

Jabir Ibn Yahya merupakan orang pertama yang mampu mengidentifikasi bahan pelarut emas, asam sulfat, klorida, nitrat, dan alkali. Bahkan berkat hasil penemuan tersebut, dia dianggap sebagai The Father of Modern Chemistry atau ahli kimia modern pada masa perkembangannya.

2. Al Khawarizmi (780–850M)

Kemajuan teknologi saat ini tidak lepas dari penemuan Al Khawarizmi. Ia merupakan ilmuwan matematika penemu konsep Aljabar pada pelajaran matematika yang sangat berpengaruh bagi kemajuan teknologi. Bahkan kata Alogaritma berasal dari namanya yang kala itu dikenal bangsa Barat dengan sebutan Al Goritmi, Al Gorismi, atau Al Cowarizmi.

3. Thbit ibn Qurra (826–901M)

Masih dalam bidang matematika, tonggak estafet pengembangan matematika dari Al Khawarizmi kembali dilanjutkan oleh ilmuwan Muslim Thbit ibn Qurra. Penemuan perhitungannya sangat banyak berpengaruh dalam bidang matematika, salah satunya untuk penentuan luas bumi. Penemuan perhitungannya yang paling berpengaruh yaitu perhitungan integral, trigonometri, serta bilangan real.

Editor : Bramantyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut