get app
inews
Aa Read Next : Tradisi Unik, Warga Tawangmangu Saling Berebut Ayam di Upacara Adat Mondosio

7 Tradisi Lebaran Idul Fitri di Indonesia yang Khas, Gimana Tempatmu?

Sabtu, 22 April 2023 | 18:54 WIB
header img
Tradisi mudik di Indonesia (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewskaranganyar.id - Momen lebaran di Indonesia selalu identik dengan pulang kampung atau biasa di kenal dengan istilah mudik.

Tradisi mudik lebaran ini memang hanya ada di Indonesia. Di negara-negara yang penduduknya mayoritas muslim sekalipun tidak ada yang namannya trdaisi mudik. Dimana tradisi ini merupakan saat yang tepat untuk pulang kampung menjalin kembali tali silahturahmi setelah satu tahun hidup di perentauan.

Tak heran, meski harus menempuh berjalanan jauh serta mahalnya biaya yang harus di keluarkan, tidak menjadi halangan bagi masyarakat untuk mudik.

Tiap daerah di Nusantara punya tradisi masing-masing dalam menyambut lebaran, tentu saja sangat unik dan bahkan ada yang terkesan ekstrem. Tradisi ini tentu saja digelar dalam rangkaian perayaan Idul Fitri.

Berikut 7 tradisi unik lebaran di Indonesia dirangkum dari beberapa sumber.

1. Tradisi Nyembah Belari di Bintan

Anak-anak di Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau memiliki tradisi unik dalam menyambut Lebaran, yang dinamakan dengan Tradisi Nyembah Belari.

Tradisi ini biasanya mereka lakukan setelah takbir dikumandangkan di pagi hari, pada hari pertama Lebaran. Anak-anak usia enam tahun sampai Sekolah Dasar akan bersilaturahmi, dengan cara mendatangi rumah-rumah para tetangga secara beramai-ramai dan dilakukan secara cepat.Uniknya, anak-anak itu tidak akan masuk ke dalam rumah yang dikunjungi melainkan hanya berdiri di depan teras sambil menunggu pernak- pernik yang diberikan oleh tuan rumah, tanpa paksaan atau syarat. Biasanya anak-anak ini akan membawa kantong plastik yang digunakan untuk membawa pernak-pernik tersebut.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut