get app
inews
Aa Read Next : Menyibak Mitos Telinga Berdenging Menurut Primbon Jawa, Pernah Mengalaminya?

Misteri Keris Nogososro, Keris Paling Sakti Pegangan Penguasa Kerajaan di Tanah Jawa

Kamis, 11 Agustus 2022 | 21:16 WIB
header img
Misteri keris Nogososro pegangan raja tanah jawa (Foto: iNews.id)

JAKARTA,iNews.id - Keris Nogososro keris paling sakti yang ada di dataran Jawa. Keris Nogososro merupakan pusaka legendaris di Jawa yang kerap digunakan oleh pemimpin-pemimpin di masa lampau. Keris ini diketahui memiliki kesaktian yang akan diwariskan kepada pemiliknya.

Konon benda ini amat dicari oleh sejumlah tokoh masyarakat, mulai dari pendekar, pemimpin, hingga penguasa. Namun, diketahui Keris Nogososro hanya bisa dimiliki oleh penguasa sejati. 

Penguasa sejati di masa lampau diwajibkan untuk memiliki pegangan benda pusaka di sampingnya.

Pembuatan Keris Nogososro diawali dengan Raja Brawijaya memerintahkan Empu Supo Mandrangi untuk membuat sebuah benda pusaka, dengan tujuan meredam bencana dan pembrontakan di kerajaan tersebut.

Keris inilah yang nantinya berwujud Keris Nogososro. Keris ini memiliki liuk 13 dengan motif naga utuh dari bagian gandhik sampai ekor dan dengan mulut naga menggigit batu intan.

Selain itu, Keris Nogososro juga memiliki 1000 sisik, sebagai simbolisme untuk menolak 1000 bencana di Kerajaan Majapahit. Pun halnya dengan motif naga dan batu intan sebagai simbol kesaktian.

Hanya orang-orang dengan predikat "pemimpin sejati" yang bisa memegang Keris Nogososro. Bagi mereka yang dianggap sebagai orang tersebut, dirinya akan dianugerahi dengan kelanggengan dalam berkuasa.

Hingga kini, tidak ada yang tahu pasti keberadaan Keris Nogososro asli. Namun, tiruannya banyak beredar di kalangan masyarakat, dan kerap diperjualbelikan dengan harga mahal.

Editor : Bramantyo

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut