Lima Penemu Asal Indonesia yang Diakui Dunia, Dua Diantaranya Asal Karanganyar Jawa Tengah

Ami Heppy
.
Rabu, 10 Agustus 2022 | 17:46 WIB
Ilmuan hebat yang diakui dunia dua diantaranya dari Karanganyar (Foto: iNews.id)

KARANGANYAR, iNews.id - Banyak putra asli Indonesia yang memiliki prestasi dan kemampuannya diakui dunia internasional.

Salah satunya adalah para penemu asal Indonesia. Mereka berhasil memberkan kontribusi dengan berbagai inovasi hebat tidak hanya di dunia ilmu dan tekhnologi namun juga di bidang kesehatan.

Penemuan-penemuan terbukti dan diakui dunia internasional. Dan. Hasil pemuan mereka banyak memberikan manfaat untuk kehidupan manusia. Mereka putra daerah yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah lima sosok penemu asal Indonesia yang namanya diakui dunia internasional. 

1. BJ Habibie

Siapa yang tidak mengenal sosoknya. Dunia mengakui dari kecerdasan seorang BJ Habibie mampu menjadi seorang yang ahli pesawat terbang. BJ Habibie merupakan lulusan S2 dan S3 dari Universitas RWTH Aachen, Jerman. 

Putra asli Sulawesi ini sukses mengembangkan teori perambatan retak, yang memungkinkan titik retak pada pesawat dapat diketahui lebih awal. Sehingga bisa menghasilkan pesawat yang lebih aman.

2. Yogi Ahmad Erlangga

Tokoh penemu asal Indonesia ini berpengaruh di bidang sains dan teknologi. Yogi Ahmad Erlangga. Lulusan Delft University of Technology, Belanda ini tercatat sebagai doktor matematika termuda. 

Berasal dari Tasikmalaya, pakar matematika Indonesia ini mampu mengharumkan nama bangsa di kancah dunia. Seorang penemu rumus matematika yang digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah perminyakan. Kemampuannya ini bahkan mampu menarik perusahaan minyak dunia, Shell.

3. Tjokorda Raka Sukawati

Tjokorda Raka Sukawati, penemu kelahiran Gianyar Bali ini berhasil menemukan konstruksi Sosrobahu atau Landasan Putar Bebas Hambatan (LPBH). Diketahui, temuan Tjokorda ini memudahkan pembangunan jalan layang tanpa mengganggu arus lalu lintas saat proses pembangunannya.

Tak hanya itu, temuan Tjokorda ini bahkan digunakan insinyur Amerika Serikat untuk membangun jembatan di Seattle.

4. Warsito Purwo Taruno

Satu lagi tokoh penemu asal Indonesia yang berhasil diakui oleh dunia. Pria asal Karanganyar, Jawa Tengah ini menciptakan alat terapi kanker Electro-Capacitive Cancer Therapy (ECCT). Dia juga pendiri sekaligus CEO CTECH Labs EdWar Technology.

5. Prof. Ir. R.M. Sedyatmo

Lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1934 ini merupakan penemu sistem arsitektur infrastruktur yang dikenal dengan pondasi cakar ayam.

Sistem yang diciptakan oleh pria kelahiran Karangannyar, Jawa Tengah ini begitu stabil di atas lahan yang tidak stabil, sehingga memungkinkan untuk digunakan banyak bangunan di seluruh dunia.

Salah satu yang menggunakan pondasi temuan Sedyatmo itu adalah landasan pacu pelabuhan udara Soekarno-Hatta.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News

Bagikan Artikel Ini