get app
inews
Aa Read Next : Kebenaran Alquran, Ilmuwan Dunia Kuak Ashabul Kahfi 7 Pemuda yang Allah Tidurkan Selama 309 Tahun

7 Bom Mengerikan Negara Super Power, Nomer 6 Mampu Hancurkan Sepertiga Daratan Jakarta

Sabtu, 06 Agustus 2022 | 11:52 WIB
header img
Sejumlah negara super power saling berlomba menciptakan bom paling berbahaya dan mematikan di dunia (Foto:Sindonews)

6. Tsar Bomba (50 Megaton)

Bom Hidrogen RDS-220 atau dijuluki "Tsar Bomba" adalah bom paling kuat yang pernah dibuat dan diledakkan oleh Uni Soviet pada 30 Oktober 1961 di atas Novaya Zemlya, tepat di utara Selat Matochkin. 

Dijatuhkan oleh pesawat pengebom Soviet Tu-95V yang dimodifikasi, bom itu memiliki berat sekitar 27 ton dan panjangnya 8 meter dengan lebar 2 meter. 

Karena ukurannya yang luar biasa dan kekuatan penghancurnya yang mencapai 50 Megaton, parasut khusus dibuat untuk memperlambat jatuhnya bom ke bumi. Namun tanpa sepengetahuan kru, ilmuwan Soviet memberi pilot hanya peluang 50 persen untuk benar-benar selamat dari ledakan begitu ledakan terjadi.

Pukul 23.32, Tsar Bomba dijatuhkan dari ketinggian 10,5 kilometer dan diledakkan sekitar 4.000 meter di atas permukaan tanah. Ledakan nuklir yang mencapai hasil 58,6 Megaton, begitu kuat sehingga gelombang kejut dirasakan lebih dari 127 mil jauhnya oleh pesawat observasi (Tu-16 Soviet). 

Setelah ledakannya, Tsar Bomba dapat dilihat lebih dari 997 kilometer jauhnya dan menciptakan bola api selebar 8 kilometer bersama dengan awan jamur setinggi 67,5 kilometer. 

Gelombang kejut bom itu mencapai 901 kilometer jauhnya, menghancurkan jendela di Norwegia dan Finlandia. Panas dari ledakan itu juga mampu menyebabkan luka bakar tingkat tiga sejauh sejauh 100 kilometer. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut