get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Singkat Lahirnya Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

Kisah Hidup Nikola Tesla Sang Ilmuan Jenius Meninggal dalam Kemiskinan

Kamis, 07 Juli 2022 | 19:57 WIB
header img
Nikola Tesla penemu berbahaya jatuh miskin dipenghujung kehidupannya (Foto: Dok Sindo)

JAKARTA,iNews.id - Banyak yang bilang Nikola Tesla salah satu penemuan berbahaya pada jamannya. Salah satu penemuannya yang saat itu sulit untuk diterima adalah medan magnet yang berputar, hingga sistem tiga fase transmisi tenaga listrik

Sejak saat itulah Nikola Tesla yang memiliki hobi suka memberikan makan pada burung ini menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh dalam sejarah dunia. 

Dilansir dari situs Science Me, Nikola Tesla lahir pada 1856 di Kekaisaran Austria (Sekarang Kroasia). Ayahnya yang bernama Milutin adalah seorang imam ortodoks, sedangkan ibunya bekerja sebagai pembuat alat kerajinan rumahan.

Pada saat muda, Nikola sudah memiliki kebiasaan aneh. Dia menolak menyentuh rambut siapapun, tertarik dengan benda berkilauan seperti perhiasan, serta selalu menghitung langkahnya kemanapun dia pergi. 

Nikola mengalami sinestesia yang jelas memori fotografisnya. Dalam buku My Inventions: The Autobiography of Nikola Tesla, dia menggambarkan tentang kata-kata yang bisa memicu penglihatan yang melintas dibenaknya. 

Minatnya pada Listrik terjadi saat berada di sekolah menengah. Dia terinspirasi guru fisikanya yang menyebut ‘Fenomena Misterius’. 

Setelah lulus dari sekolah menengah pada 1873, Nikola kembali ke kampung halamannya dan tertular Kolera. Hal ini membuatnya harus berbaring selama 9 bulan, bahkan beberapa kali dia hampir mati. 

Terlepas dari reputasinya sebagai anak jenius, dia tidak lulus kuliah. Alasannya adalah karena dia kecanduan judi di tahun terakhirnya yang membuatnya kehilangan beasiswa.

Dalam pekerjaannya, dia pernah bergabung di Continental Edison Company, Paris. Di pekerjaan ini, tugasnya adalah memasang pencahayaan pijar dalam ruangan di seluruh kota. 

Setelahnya, pada 1884 dia pindah ke Edison Machine Works di Lower East Side Manhattan. Suatu ketika, dia bertikai dengan bosnya yaitu Thomas Edison. Hal ini membuatnya hengkang dan menata karirnya sebagai penemu atau insinyur. 

Beberapa tahun setelahnya, dia mendapat investor swasta dan bersama membangun Tesla Electric Company. Diluar persaingannya dengan Thomas Edison, Nikola Tesla menjalankan serangkaian laboratorium independen di Manhattan. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut