get app
inews
Aa Read Next : Bolehkah Umat Muslim Ikut Merayakan Pergantian Tahun Baru Masehi?

6 Tempat Misterius di Bumi dalam Al Quran yang Hingga Kini Belum Ditemukan Keberadaannya

Kamis, 28 Juli 2022 | 08:39 WIB
header img
6 tempat paling misterius yang di sebabkan dalam Al Quran dan Hadis Rasulullah SAW yang hingga kini belum terungkap keberadaannya.(Foto: NASA)

KARANGANYAR, iNews.id - Ada tempat misterius yang hingga kini belum terungkap keberadaannya, seperti 6 tempat misterius yang dikabarkan Al Qur'an dan Hadis Rasulullah SAW yang belum terungkap hingga saat ini dan hingga kini belum ditemukan lokasinya.

Bahkan hingga kini banyak pihak yang ingin menemukannya namun belum berhasil dan kabarnya 6 tempat misterius ini menyimpan hal yang menakjubkan.

Lantas 6 tempat misterius apa saja di muka bumi ini yang belum terungkap keberadaannya

1. Telaga Ainul Hayat


Telaga Ainul Hayat telaga yang keberadaannya paling misterius, konon siapa yang bisa meminum air ini akan hidup abadi hingga kiamat, kecuali orang itu minta dimatikan oleh Allah SWT (Foto: Sindonews)

beberapa ahli tafsir merupakan air kehidupan yang bisa memperpanjang usia manusia. Barang siapa yang meminum airnya walau hanya satu tegukan saja, maka hidupnya akan abadi.

Fountain of Youth merupakan mata air keabadian. Siapapun yang meneguknya akan kembali muda. Dialah sumber mata air yang keberadaannya masih misterius.

Berdasarkan catatan sejarah, Raja Ferdinand sangat percaya keberadaan mata air keabadian. Apa yang tertulis di kitab dan manuskrip kuno dinilainya tidak mengada-ada. Makanya, dia menunjuk Ponce de Leon melakukam ekspedisi mencari letak Fountain of Youth.

Ponce de Leon oleh ahli sejarah diperkirakan lahir pada tahun 1474 Masehi. Pada September 1493 Ponce ikut terlibat dalam ekspedisi yang dilakukan Christoper Columbus. Ekspedisi diikuti oleh 1200 pelaut, kolonis, dan prajurit.

Dalam Islam, Fountain of Youth merupakan Ainul Hayat. Kisah dan legenda ini mencuat setelah salah satu pengawal terbaik, raja Zulkarnain mencapai mata air itu. Dia mandi dan meminum menggunakan mata air Ainul Hayat. Pengawal raja Zulkarnain itu bernama Khidir. Dia salah satu nabi yang namanya termaktub di kitab suci umat Islam.

Beberapa hikayat menyebutkan kala Allah SWT menciptakan dunia, dia menurunkan beberapa tetesan air dari surga ke dunia. Salah satu tetesnya kemudian berubah menjadi sang Ainul Hayat atau si mata air keabadian.

Tapi di mana sebenarnya letak Ainul Hayat? Beberapa ulama berpendapat Ainul Hayat yang dijaga Nabi Khidir itu berada di Pulau Bermuda.

Hal itu dihubungkan dengan hilangnya kapal atau orang-orang yang melewatinya karena setan banyak yang mengelilingi tempat itu. Tujuannya, mereka hendak merebut Ainul Hayat.

2. Tembok Yajuj Majuj


Yasuj Majuj salah satu keturunan nabi Adam yang akan membuat kerusakan di muka bumi kemunculannya salah satu tanda datangnya hari kiamat (Foto: Sindonews)

Yajuj dan Majuj dalam agama Islam digambarkan sebagai sebuah ras atau bangsa yang akan memunculkan kekacauan di dunia.

Selain itu, munculnya yajuj dan majuj juga disebut sebagai salah satu tanda akhir zaman. Tidak hanya di Islam, Yajuj Majuj juga dikisahkan oleh agama lain.

Dalam kisahnya di Al Qur’an, tepatnya pada surat Al Kahfi . Diceritakan kala itu Raja Zulkarnain dalam perjalanannya sampai di antara dua gunung.

Dia bertemu dengan kaum yang mengadukan tentang bahaya dari Yajuj Majuj. Akhirnya, Zulkarnain pun membangun tembok untuk mengurung mereka, agar tidak bisa membuat kekacauan.

Dalam perkembangannya, lantas hal ini memunculkan banyak teori dan spekulasi mengenai tempat asli yang dikira sebagai tembok tersebut. Namun, sampai saat ini belum ada satupun teori tersebut yang terbukti benar.

1. Gates of Alexander Gerbang Alexander merupakan sebuah dinding legendaris yang dibangun Greatest Alexander di Kaukasus. Konon, gerbang ini digunakan untuk menjaga orang barbar di wilayah utara menyerang wilayah selatan. Untuk letaknya sendiri belum diketahui secara pasti. Namun, terdapat 2 lokasi yang dicurigai, yaitu antara Derbent, Rusia atau Pass of Deriel, perbatasan Rusia dan Georgia.

Dikutip dari IFY Books, Alexander dikatakan pernah melakukan perjalanan ke ujung dunia dan kemudian membangun tembok ini. Tujuannya adalah menjauhkan jangkauan yajuj majuj dari tanah lain. Dalam Islam, Alexander ini disebut sebagai Dzulqarnain. Beberapa catatan menunjukan pasukan yajuj majuj ini sangat ganas dan tidak manusiawi. Maka dari itu, dibuatlah tembok untuk mengurung mereka agar tidak menimbulkan kerusakan dan kekacauan.

2. Tembok Besar Tiongkok

Tembok besar China adalah serangkaian benteng yang dibangun untuk melindungi kawasan tersebut. Dinding ini membentang dari Liaodong di Timur dan Danau Lop di Barat. Sejak dulu, sebenarnya sudah cukup banyak teori yang mengatakan bahwa tembok besar ini adalah tempat Yajuj Majuj dikurung. Namun, hal tersebut belum bisa dipastikan. Karena sesuai ajaran Islam, tembok Yajuj Majuj ini berada di sisi Timur dunia, sedangkan Great Wall China ada di sebelah Utara dunia.

3. Kutub Utara atau Selatan Dalam sebagian pandangan, Yajuj Majuj dikurung dalam tembok yang terbuat dari besi dan tembaga. Selain itu, setiap harinya mereka berusaha untuk menggali untuk bisa keluar dari tembok tersebut. Dikutip dari Islamic Information, Kutub Utara atau Selatan menjadi salah satu tempat yang diduga menjadi tembok yajuj majuj. Alasannya adalah setelah sekian lama, tidak menutup kemungkinan tembok itu tertutup pasir atau salju.

Maka dari itu, Kutub Utara dan Selatan yang selalu diselimuti salju ini pernah diduga sebagai dinding yang mengurung yajuj majuj. 

4. Greater Kaukasus Tempat lain yang pernah diduga menjadi tembok yajuj majuj adalah Greater Kaukasus. Lokasi ini berada diantara kawasan Georgia bagian utara serta Rusia bagian selatan.

Dikutip dari pemberitaan sindonews, ada sebuah timbunan berupa dinding yang terbuat dari besi dan tembaga di Pegunungan Kaukasus. Tempat ini terletak di kawasan sempit antara dua bukit Darial. Tempat tersebut dikenal sebagai Dariel Pass yang memiliki tinggi mencapai 3,950 kaki dari permukaan laut.

3.Pulau Dajjal Dikurung


Akhir zaman Dajjal akan berkuasa selama 40 hari sebelum Sangkakala di tiup (Folo: ilustrasi Sindonews)

Sedikitnya ada dua tempat yang pernah diduga sebagai lokasi persembunyian Dajjal . Dugaan itu didasarkan pada berbagai kondisi yang ada, termasuk letak geografis tempat tersebut.

Selain itu, dugaan diperkuat juga dengan beberapa pendapat ataupun bukti tertulis yang menyatakan ciri tempat kemunculan Dajjal ini

Lantas, tempat mana sajakah yang diduga menjadi lokasi persembunyian Dajjal? Berikut ulasannya seperti dilansir dari berbagai sumber : 

1. Pulau Socotra

Pulau Socotra merupakan sebuah pulau yang menjadi bagian dari wilayah Yaman. Pulau ini terletak sekitar 241 km dari Somalia dan 354 km dari daratan Yaman. Dalam penyebutannya, tempat ini memiliki cukup banyak julukan. Seperti Pulau Alien, Pulau Neraka, hingga Pulau persembunyian Dajjal.

Dikutip dari News Delivery, pulau dengan julukan Galapagos of Arabia ini menjadi tempat yang cukup tertutup dan jarang dikunjungi wisatawan. Alasannya adalah aksesnya yang sulit dilalui. Namun, justru keterasingan inilah yang menyebabkan semua jenis endemik hadir di Socotra. Tercatat cukup banyak hewan dan tumbuhan endemik, termasuk salah satunya pohon darah naga.

Nama Socotra sendiri berasal dari istilah Sansekerta ‘dvipa sukhadara’ yang berarti ‘Pulau Kebahagiaan’. Dalam asal usulnya, konon pulau ini disebut tanah ajaib karena bisa menyembuhkan orang Romawi dan Yunani pada masa peperangan.

Seiring perkembangannya, muncul banyak teori yang menyatakan pulau ini sebagai tempat dajjal dikurung. Pendapat ini muncul dengan keanehan alam yang ada di pulau ini dan tidak bisa ditemukan di pulau-pulau lainnya. Tak hanya itu, teori ini juga didukung adanya pandangan yang menyebut Dajjal dikurung di sebuah pulau di Laut Yaman.

2. Khurasan

Khurasan merupakan sebuah wilayah luas di sebelah Timur jazirah Arab. Jangkauan wilayahnya meliputi Nishapur (Iran), Herat (Afghanistan), Merv (Turkmenistan) dan beberapa negara lainnya. Dikutip dari Insight of Scientific, jejak peradaban manusia di Khurasan sudah ada sejak ribuan tahun sebelum masehi. Saat Khurasan berada di bawah kekuasaan Achaemenid Persia, wilayah ini menjadi primadona dan banyak diperebutkan.

Saat ini, Khurasan menjadi salah satu nama di provinsi timur Iran. Khurasan Iran berbatasan dengan Turkmenistan di utara dan Afghanistan di timur. Selain itu, dalam bahasa Persia, Khurasan memiliki arti ‘Tanah Matahari Terbit’. Sama halnya dengan Pulau Socotra, Khurasan juga diduga sebagai tempat persembunyian dajjal. Hal ini diperkuat dengan salah satu hadits dalam agama Islam yang menyatakan Dajjal akan keluar dari wilayah di Timur bernama Khurasan.

Selain kedua lokasi tersebut, ada juga pendapat yang mengatakan beberapa tempat lain sebagai tempat persembunyian dajjal. Dari sebuah pulau di Laut Arab hingga ada juga yang menyebut Lakshadweep.

Namun demikian, sebagai umat Islam, kita wajib mengimanni keberadaan Dajjal sang pembawa fitnah besar yang akan keluar di akhir zaman.

4. Kerajaan Nabi Sulaiman

Keberadaan istana Nabi Sulaiman hingga kini belum diketahui dimana letaknya.

Nabi Sulaiman As adalah putera dari Nabi Daud As. Selain dikenal sebagai nabi kaya raya, Nabi Sulaiman dikenal bisa berbicara dengan hewan. Tetapi, Hinggsa saat ini keberadaan Kerajaan Nabi Sulaiman tidak ditemukan keberadaan ataupun sisa peninggalannya.

5.Gunung Qaaf


Gunung Qaaf gunung paling misterius di muka bumi

Dikisahkan saat Rasulullah SAW saat pulang dari perjalanan Isra’ Miraj, ia melihat Gunung Jabal Qaaf, dimana terlihat pemandangan yang sangat indah.

Sinar biru yang membelah angkasa, membuat Nabi Muhammad terpesona dengan keindahan itu. Nabi pun akhirnya mengajak Malaikat Jibril mengujungi tempat yang menakjubkan tersebut.

Dalam tafsir Al-Alusi, Gunung Jabal Qaaf diilustrasikan sebuah gunung yang tak tampak oleh mata manusia umumnya, hanya orang-orang pilihan yang bisa melihatnya. Gunung itu jarang diketahui orang-orang.

Dalam Alquran sendiri, Jabal Qaaf diabadikan pada sebuah surat Qs Qaaf:1 “Qaaf Demi Alquran yang sangat mulia”.

Namun demikian, tak ada satu orang pun yang mengetahui posisi Jabal Qaaf.

6. Sumur Barhut


Lobang misterius yang diyakini penjara setan (Foto: Okezone)

Sumur Barhut di Yaman dengan lubang menganga raksasa sedalam 250 meter dianggap sebagai sumur neraka dan penjara untuk setan. Begitulah ucapan penduduk Yaman untuk menamai lubang menganga raksasa  tersebut.

Ia adalah keajaiban alam yang sedikit dipahami. Lebih dekat ke perbatasan dengan Oman daripada ke Ibu Kota Yaman, Sanaa yang jaraknya sekitar 1.300 kilometer

Sumur Barhout berada di area gurun di Provinsi Al-Mahra. Ia memiliki lebar 30 meter dan diperkirakan memiliki kedalaman antara 100 hingga 250 meter.

Cerita rakyat setempat mengatakan itu diciptakan sebagai penjara bagi setan—reputasi yang didukung oleh bau busuk yang naik dari kedalamannya.

Sinar matahari tidak menembus jauh ke dalam struktur, dan sedikit yang bisa dilihat dari tepi kecuali burung-burung yang terbang masuk dan keluar dari kedalamannya.

Para videografer yang mencari close-up bagian dalam sumur mengatakan bahwa kedalaman sumur raksasa itu hampir tidak mungkin untuk ditangkap kamera—kisah takhayul lokal menyatakan bahwa benda-benda di dekat lubang dapat tersedot ke arahnya.

Babhair mengatakan bahwa sumur itu berusia jutaan tahun. “Tempat-tempat ini membutuhkan lebih banyak studi, penelitian dan penyelidikan,” katanya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut