get app
inews
Aa Read Next : Baca Sekali Seumur Hidup Sholawat Ini, Dijamin Dapat Syafaat Rasulullah

Ini Jawaban Rasulullah SAW Saat Jibril Bertanya Kapankah Hari Kiamat

Senin, 25 Juli 2022 | 06:00 WIB
header img
ilustrasi Malaikat Jibril bertanya kapan kiamat pada Rasulullah SAW (Foto: ilustrasi/Sindonews)

KARANGANYAR,iNews.id - Suatu hari Malaikat Jibril menyamar di tengah para Sahabat yang sedang duduk bersama Rasulullah shollallohu 'alaihi wasallam. Jibril hadir di tengah Sahabat untuk mengajarkan akidah Islam. 

Sebagaimana diketahui, Jibril adalah pemimpin para Malaikat yang diberi tugas menyampaikan wahyu kepada para Rasul termasuk kepada Nabi Muhammad shollallohu 'alaihi wasallam. 

Saat hadir di tengah sahabat, Jibril menanyakan banyak hal, salah satunya tentang Hari Kiamat. Kisah ini diceritakan dalam Kitab Shahih Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu dan juga riwayat Umar bin Khattab radhiyallahu 'anhu. 

Risalah ini kemudian dikenal dengan "Hadis Jibril" yaitu sebuah hadis yang memuat definisi tentang Islam, Iman, Ihsan, dan tanda-tanda hari Kiamat

Abu Hurairah berkata: "Pada suatu hari, Rasulullah SAW muncul di antara kaum muslimin. Lalu datang seorang laki-laki dan bertanya: "Wahai Rasulullah, apakah Iman itu?" 

Rasulullah menjawab: "Engkau beriman kepada Allah, Malaikat-malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, pertemuan dengan-Nya, Rasul-rasul-Nya dan hari berbangkit (hari Akhir)." 

Orang itu bertanya lagi: "Wahai Rasulullah, apakah Islam itu?" Rasulullah menjawab: "Islam adalah engkau beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan apa pun, mendirikan sholat fardhu, menunaikan zakat wajib dan berpuasa di bulan Ramadhan." 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut