get app
inews
Aa Read Next : Ramalan Kiamat Ahli Matimatika, Isaac Sebut Hari Akhir Kehidupan Alam Semesta di Tahun 2060

Kisah Manusia Terakhir yang Mati Sebelum Sangkakala Ketiga Ditiup

Selasa, 28 Februari 2023 | 06:17 WIB
header img
Kisah manusia terakhir yang hidup sebelum sangkakala ketiga ditiup

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Kiamat pasti akan datang. Kiamat salah satu bukti kebesaran ALLAH SWT yang diyakini umat muslim akan terjadi di akhir zaman, akhir kehidupan alam semesta raya. 

Dalam berbagai hadits dan riwayat sahih, tanda-tanda kemunculan hari kiamat pun telah disampaikan Nabi Muhammad SAW. 

Dilansir iNewskaranganyar.id dari kanal YouTube milik Dr. Khalid Zeed Abdullah Basalamah, Lc., M.A. atau lebih dikenal sebagai Ustadz Khalid Basalamah pada Selasa 28 Februari 2023, ada 10 tanda-tanda datangnya hari akhir zaman kehidupan alam semesta raya seperti disampaikan Rasulullah SAW. Tanda-tanda itu kemudian diriwayatkan melalui hadits sahih. 

"Dalam hadits disebutkan secara acak bagaimana tanda-tanda munculnya hari kiamat. Karena cukup banyak dalil yang mengurutkan tanda-tanda kiamat tersebut," kata Ustadz Basalamah. 

Tanda pertama yaitu kemunculan Dajjal. Dajjal memiliki ciri mata kanan rusak. Ciri lainnya adalah memiliki kulit kehitaman dengan dahi lebar dengan tiga huruf tertulis yaitu Kaf, Fa, Ra (Kufur) dan orangnya tinggi besar. Dalam sebuah hadits sahih, Rasulullah SAW bersabda, "Ketahuilah Dajjal buta mata kanannya dan Tuhan kalian tidak buta". Karena dia akan mengaku sebagai Tuhan. 

Rasulullah mengingatkan umatnya untuk menghidar jika menemui tanda-tanda keberadaan Dajjal. Dajjal dijelaskan akan keluar dan mendatangi semua tempat dimuka bumi dan membuat kerusakan selama 40 hari. Rasulullah SAW pun menyampaikan, "Sehari pertama seperti setahun. Sehari ke dua seperti sebulan, sehari ke tiga seperti sepekan, dan hari-hari berikutnya seperti hari kalian,". 

Semua tempat di muka bumi akan dimasuki oleh Dajjal, kecuali Madinah dan Makkah. Rasulullah SAW menyebut, hal itu dikarenakan di setiap pintu gerbang malaikat menghunuskan pedangnya menghalau Dajjal. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut