get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Selain Pendiri Gojek, Nadiem Makarim Miliki 13 Perusahaan, Apa Saja?

Awalnya Miskin Tak Dipandang, Lima Negara Ini Kini Jadi Terkaya di Dunia

Rabu, 27 Juli 2022 | 10:46 WIB
header img
Lima Negara ini dulunya miskin sebelum berubah jadi negara terkaya (Foto: Pixebay)

KARANGANYAR,iNews.id - Lima negara ini dulunya sangat miskin. Karena miskinnya negara ini, kelima negara ini sampai tak pernah dianggap ada oleh negara lain. 

Namun meski tak memiliki kekayaan alam, kini kelima negara ini berubah menjadi negara maju di dunia. Tak hanya sededar maju, negara inipun termasuk menjadi kiblat perekonomian dunia.

Lantas, apa sajakah negara yang dulu miskin sekarang maju? berikut iNewskaranganyar.id melansir dari IDXChannel yang telah merangkumnya dari berbagai sumber. Simak sampai selesai.

1. Swiss

Memiliki wilayah dengan sebagian besarnya adalah pegunungan membuat negara Swiss menjadi negara yang miskin saat 150 tahun lalu. Namun seiring dengan perubahan kebijakan ekonomi yang diatur oleh pemerintahannya di akhir abad ke-19 membuahkan hasil yang cukup signifikan.

Hal tersebut dibuktikan dengan pertumbuhan ekonomi yang dihasilkan dari sektor pariwisata dan juga industri perbankan. Tercatat bahwa Swiss memiliki PDB per kapita hingga USD72.874 juta dan menjadikan negara tersebut bertengger di urutan kelima di dunia dengan PDB tertinggi.

2. Brunei Darussalam

Negara yang dulu miskin sekarang maju selanjutnya yakni disandang oleh sebuah Negara kecil di kawasan Asia Tenggara. Brunei Darussalam merupakan salah satu negara jajahan Inggris yang terlahir miskin kala itu.

Namun di tahun 1929 saat cadangan minyak yang sangat besar ditemukan di negara itu membuat pertumbuhan ekonomi di Brunei Darussalam naik begitu cepat. Ditambah lagi dengan penemuan cadangan gas alam di tahun 1960-an yang menjadikan Negara Dengan sistem kerajaan tersebut semakin maju. Oleh sebab itu negara miskin ini beralih status menjadi negara yang sangat maju dikawasan Asia Tenggara.

3. Singapura

Selain Brunei Darussalam ada pula negara dikawasan Asia tenggara yang dulunya menjadi negara miskin namun kini menyandang sebagai negara maju dan berkembang. Negara itu adalah Singapura, tak memiliki sumber daya alam membuat negara tersebut tertinggal cukup jauh dan sangat miskin kala itu.

Namun berkat perdana menteri Lee Kuan Yew yang mengubah sistem pendidikan dan menciptakan tenaga kerja yang profesional mampu menjadikan negara kecil tersebut menjadi negara yang sangat maju hingga saat ini. Dengan memperoleh PDB per kapita USD107 ribu negara tersebut tak bisa dipandang sebelah mata lagi.

4.Norwegia

Memiliki penduduk yang sebagian besar bekerja di sektor perikanan dan pertanian dengan upah yang sangat rendah di abad ke-19 membuat Negara Norwegia menyandang status negara miskin.

Hal itu ditambah lagi dengan lumpuhnya ekonomi akibat perang dunia II yang membuat negara tersebut mengalami resesi di tahun 1930-an. Pendanaan yang cukup besar dari Amerika Serikat kala itu berhasil membuat Norwegia mengalami pertumbuhan ekonomi yang sangat cepat.

Pasalnya negara tersebut juga memiliki cadangan minyak yang cukup banyak dan berhasil menjadi produsen minyak bumi yang menyuplai ke berbagai wilayah di Eropa Barat.

5. Luksemburg

Negara yang dulu miskin sekarang maju selanjutnya yaitu salah satu negara kecil di Benua Eropa. Pada abad ke-19 negara ini memiliki masyarakat yang rata-rata bekerja di sektor pertanian. Kemiskinan di negara itu merupakan masalah besar yang dihadapi.

Sehingga banyak dari penduduk Luksemburg yang memilih untuk pergi ke Amerika Serikat dengan tujuan mencari kehidupan yang layak.

Lantas di pertengahan abad 19 perekonomian di negara itu semakin maju setelah ditemukan cadangan bijih besi yang sangat besar, hal tersebut membuat kehidupan disana semakin makmur dengan PDB per kapita sekitar USD118. Kini Luksemburg menjadi salah satu negara terkaya di dunia, faktor lainya disebabkan karena sektor industri perbankan dan manufaktur di negara tersebut bangkit dan berkembang pesat.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut