get app
inews
Aa Read Next : Arti Mimpi Menangkap Burung Berdasarkan Primbon Jawa dan Islam 

Begini Cara Menghitung Weton Pernikahan dalam Tradisi Jawa, Hari Bulan dan Waktu

Selasa, 19 Juli 2022 | 17:48 WIB
header img
Cara hitungan weton Jawa untuk pernikahan harus dilakukan dengan benar agar tidak salah (Ratna Fitry/Pixabay)

KARANGANYAR,iNews.id - Perhitungan pernikahan Jawa tak pernah lepas dari perhitungan Weton. Perhitungan weton merupakan tradisi Jawa yang tak bisa dipisahkan saat hendak melangsungkan pernikahan.

Misalnya mulai dari menentukan hari pernikahan, prosesi pernikahan dan perlengkapan lainnya.Namun yang menjadi keyakinan para pasangan di Indonesia adalah tentang weton pernikahan. Kegunaan dari hitungan weton adalah untuk menjadi referensi hari baik untuk setiap pasangan, sehingga nantinya mereka resmi menjadi pasangan suami istri. 

Hitungan Weton Jawa

Weton ini sebenarnya tidak menjadi hal mutlak, namun selalu ada orang yang ingin menyesuaikan acara penting mereka untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebagai contoh, ada yang menggunakan logika praktis pada hal ini seperti menghindari hujan terjadi, cuaca buruk atau situasi yang kurang berkenan.

Secara umum, weton didefinisikan sebagai hari kelahiran manusia dari tanggal weton jawa. Setiap weton dilandasi oleh nilai lahir seseorang dan dapat dihitung berdasarkan budaya jawa yang sering disebut sebagai neptu.

Neptu Sebagai Nilai Lahir Budaya Jawa

Pada dasarnya, hal yang dilakukan setiap orang adalah mengecek neptu pada kalender jawa. Terdapat 5 sirkulasi pada kalender tersebut, yaitu: sandang, pangan, papan, loro dan yang terakhir pati. Masing-masing sirkulasi tersebut memiliki arti dan perkiraan nasib tersendiri.

Untuk pasangan yang merencanakan pernikahan, disarankan untuk mencari nasib baik pada pilihan sandang, pangan dan papan. Sedangkan loro dan pati lebih baik dihindari karena memuat nasib yang buruk.

Dalam kepercayaan tradisi jawa, setiap pasaran dan hari selalu dinilai atau diwakili oleh sebuah angka. Guna mengetahui jumlah nilai atau yang bisa disebut sebagai neptu, seseorang dapat mencocokan tanggal lahir mereka dan pasangan berdasarkan kalender jawa.

Selanjutnya neptu tersebut dijadikan pedoman untuk menilai hari pernikahan pada setiap orang. Lalu neptu ini dapat dibagi kembali berdasarkan hari pasaran Jawa dan hari biasa.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut