get app
inews
Aa Read Next : Mitos Mengerikan Gunung Merbabu, Mulai Macan Merbabu Hingga Kerajaan Gaib di Puncak

Menyibak Misteri Khasiat Pring Petuk, Bambu yang Konon Dihuni Mahluk Halus

Minggu, 17 Juli 2022 | 15:40 WIB
header img
Menyibak Misteri Khasiat Pring Petuk, Bambu yang Konon Dihuni Mahluk Halus (Foto: Facebook Galeri Bambu Petuk)

KARANGANYAR,iNews.id - Apa fungsi dari bambu Ketemu Ruas? Apa manfaat dari bambu kuning? deretan pertanyaan itu muncul seputar bambu petuk.

Pertanyaan itu muncul disebabkan sangat sulit untuk mencari bambu jenis ini. Karena tak sembarangan orang bisa mendapatkan bambu jenis ini, maka munculah mitos-mitos di masyarakat seputar bambu ini.

Diantarannya, ada yang meyakini bila pertemuan ruas pada batangnya diyakini sebagai tempat bersemayam makhluk gaib. Karena itulah muncul anggapan hanya orang yang memiliki indra ke enam atau ilmu kebatinan yang tinggi itu sajalah yang bisa menemukan bambu ini.

Meski untuk mendapatkan bambu ini bukanlah hal yang mudah, banyak masyarakat yang tertarik untuk memiliki bambu petuk. Ternyata diluar mistis atau keyakinan sebagian masyarakat terhadap bambu ini, ternyata ada nilai filosofi yang tinggi pada bambu petuk. 

Nilai yang terkandung dalam bambu ini adalah mengajarkan kita untuk menjadi manusia yang kuat. Hal ini selaras dengan kekuatan bambu petuk yang tidak akan roboh meskipun diterjang angin sekencang apa pun.

Ada beberapa jenis bambu petuk yang kerap dicari masyarakat yang didapat dari berbagai sumber

Bambu Petuk Jalu

Bambu ini sangat langka di temukan. Di sebut bambu jalu tdk beda dgn sebuah jalu pada seekor ayam jantan. Jalu simbol dari kekuatan, kejantanan dan ketajaman. Orang yang memiliki bambu jalu tidak jauh berbeda sebagai simbol kekuatan, kejantanan dan ketajaman.

Petuk Singkir

Menurut keyakinan sebagian masyarakat, bambu ini dipercaya bisa  menangkal santet, menolak bala, serta mengusir gangguan dari jin dan makhluk lainnya.

Bambu Petuk Gunung

Bambu Petuk Gunung biasanya digunakan oleh masyarakat sebagai piranti penglaris serta pemikat atau pengasih. Dengan menggunakan jenis bambu ini, sang tuan dipercaya akan mendapat simpati dari banyak orang sehingga jadi lebih mudah menuju kesuksesan. Bambu jenis ini memiliki bentuk segitiga jika dilihat dari samping.

Bambu Petuk Tolak

Bambu jenis ini memiliki dua ruas dengan cabang yang tidak saling berhadapan dan kedua cabangnya terlihat tidak memiliki titik temu. Sehingga, semakin panjang cabang tersebut, akan semakin jauh ujung cabangnya dari arah lurus. Biasanya bambu tolak digunakan oleh orang untuk menolak bala, hal buruk, dan niat jahat dari mereka yang berniat jahat.

Bambu Petuk Singkir

Sekilas, bentuk bambu petuk jenis ini cukup mirip dengan pring petuk tolak. Hanya saja, bagian cabangnya memiliki bentuk yang melengkung ke samping batang utama. Mirip seperti cabang yang melingkar pada batang bambu. Bambu petuk singkir ini dipercaya dalam melawan unsur alam. Sehingga, orang percaya kalau menyimpan bambu ini di dalam rumah akan membuat pemiliknya bebas dari bencana.

Bambu Petuk Tali Rogo

Biasanya jenis bambu ini dimanfaatkan untuk menjinakkan hewan buas sehingga kebanyakan digunakan oleh para pawing hewan buas. Bambu ini memiliki ciri-ciri dua cabang yang saling bertabrakan di setiap ruasnya.

Bambu Petuk Senopati

Bambu petuk senopati memiliki cabang yang seakan memiliki kendali sehingga ketika cabang bambu terlihat akan bertabrakan atau menemui titik temu cabang akan berbelok arah. Jenis bambu petuk dipercaya bisa memberikan kekebalan kepada pemiliknya terhadap senjata tajam dan bisa memberikan keuntungan untuk bermain judi.

Bambu Petuk Gelang

Bambu jenis ini memiliki ciri-ciri pertumbuhan cabang gelang dan saling melingkar. Biasanya Petuk Gelang digunakan untuk menemukan harta karun seperti emas, perak, dan minyak bumi. Biasanya pemakai Bambu Petuk Gelang akan memberikan pertanda lokasi benda tersebut dari mimpi.

Bambu Jenis Satrio

Bentuk bambu jenis ini cenderung mudah dikenali karena dua ruas cabangnya memiliki arah pertumbuhan yang searah. Biasanya jenis ini digunakan untuk menambah wibawa dan agar disegani oleh orang lain.

Bambu Petuk Pikat

Bambu jenis ini dimanfaatkan oleh orang untuk jimat pengasihan. Di mana bambu ini paling banyak digunakan untuk memiliki lawan jenis, disukai atasan, dan disenangi oleh pelanggan.

Bambu Petuk Badar

Berbeda dengan jenis lainnya, Petuk Badar memiliki pangkal cabang pada bambu ini berbentuk lurus dan searah sehingga cabangnya terkesan memanjang dan tidak bertabrakan. Bambu ini biasa digunakan sebagai jimat keberuntungan dan dipercaya dapat membantu memenangkan berbagai masalah yang dihadapi oleh pemiliknya.

Bambu Petuk Pekik Langkah

Bambu ini memiliki bentuk yang relatif unik karena dua ruasnya tidak langsung saling bertemu. Akan tetapi, ruasnya melangkahi satu batas ruas lagi sebelum cabangnya saling bertemu. Khasiat bambu jenis ini dipercaya memiliki kekuatan dapat memberikan manfaat olah kanuragan di mana pemiliknya bisa menjadi kebal.

Bambu Pring Petuk Wali

Pring petuk wali merupakan jenis yang banyak dicari oleh masyarakat karena bambu ini disebut sebagai raja dari bambu yang memiliki tuah. Menyimpan bambu ini dipercaya dapat menaklukkan kodam dari jenis bambu lainnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut