get app
inews
Aa Read Next : Hapus Pertalite, Pertamina Alihkan Subsidi Pertamax Green 92, Sudah Siap?

Kuota BBM Bersubsidi Menipis, BPH Migas Prediksi Bakal Habis Oktober 2022

Kamis, 30 Juni 2022 | 08:22 WIB
header img
BPH Migas memprediksi kuota BBM subsidi bakal habis pada Oktober 2022 (Foto: Bramantyo/iNews)

JAKARTA, iNews.id - Penyaluran BBM sepanjang semester I berdasarkan data, realisasi penyaluran BBM baik pertalite maupun Solat sudah melebihi dari 50 persen.

Dengan kondisi itu, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memprediksi kuota bahan bakar minyak (BBM) subsidi habis pada Oktober 2022. 

Secara rinci, Anggota Komite BPH Migas Saleh Abdurrahman mengungkapkan, hingga 20 Juni 2022, realisasi penyaluran Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) Pertalite sudah mencapai 57,56 persen atau sekitar 13,26 juta kiloliter (kl) dari total kuota tahun ini sebesar 23,05 juta kl.

Sementara untuk Jenis BBM Tertentu (JBT) Solar, Saleh membeberkan realisasi penyalurannya sudah mencapai 51,24 persen dari total kuota Solar tahun ini dalam APBN 2022 sebesar 15,10 juta kl dan rata-rata konsumsi bulanan sudah di atas 10 persen.

"Ini tentu jika tidak ada pengendalian, kita akan menghadapi subsidi kita habis antara Oktober dan November," ungkapnya dalam webinar E2S, dikutip Rabu (29/6/2022) kemarin.

Saleh mengimbau jika tidak ada pengendalian, prediksinya realisasi penyaluran BBM subsidi akan melebihi kuota di akhir tahun ini, sehingga perlu ada upaya pengendalian konsumsi hanya kepada pengguna yang berhak menerima.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut