Misteri Gunung Marapi di Sumbar, Erupsi Dahsyat Hingga Tewaskan 11 Pendaki

Rus Akbar/Danang Prabowo
7 Fakta Gunung Marapi di Sumbar Erupsi

2. Dentuman Keras hingga Bukittinggi 

Gunung Marapi meletus disertai dengan suara dentuman keras hingga terdengar di Kota Bukittinggi. Warga Kabupaten Agam yang dekat dengan gunung tersebut juga mendengar suara dentuman keras yang dikira dari langit.

Warga Mato Aia Kanagarian Koto Tangah, Kabupaten Agam, Esi mengaku mendengar suara dentuman seperti dari langit. “Bunyinya gluduk-gluduk gitu di langit. Tadinya menyangka itu gempa,” kata Esi. 

3. Hujan Kerikil dan Pasir 

Letusan Gunung Marapi juga memicu hujan abu dan pasir di daerah kaki gunung di antaranya Kota Bukittinggi, Tanahh Datar dan Agam. Di Kota Bukittinggi, kondisi ruas jalan utama tertutup debu vulkanik hingga membuat pengendara jatuh lantaran licin saat melintas di tikungan jalan pedestrian Taman Jam Gadang, Kota Bukittinggi. 

Beberapa pengendara tujuan luar kota yang melintas di bawah guyuran hujan abu memilih untuk kembali pulang dan menunda perjalanannya. Hingga pukul 21.00 WIB pada Minggu malam (3/12/2023) telah terjadi 17 kali letusan. 

Tebalnya tumpukan debu vulkanik di jalan membuat pengendara diimbau untuk berhati-hati saat melintas. Di pusat keramaian Taman Jam Gadang, wisatawan terlihat meninggalkan lokasi untuk menghindari dampak abu vulkanik. Kabid Ops Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Bukittinggi Togu Marulak Simarmata mengatakan akan melakukan pembersihan jalan. Hal ini untuk mengindari adanya kecelakaan.  

4. 11 Pendaki Gunung Marapi Ditemukan Tewas 

Sebanyak 11 pendaki ditemukan tewas di puncak Gunung Marapi dan 3 orang selamat. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Kantor SAR Padang, Abdul Malik, Senin (4/12/2023).

Dia mengatakan bahwa 11 orang korban yang meninggal dunia tersebut masih belum diketahui namanya dan tim masih dalam perjalanan melakukan evakuasi. 

"Pada update data pukul 07.10 WIB, tim gabungan kembali menemukan 3 orang selamat dan 11 orang dalam keadaan meninggal dunia," katanya. 

Abdul mengatakan, masih terus melakukan evakuasi dan pencarian korban yang masih belum ditemukan.  

“Diperkirakan saat ini jumlah korban yang masih belum ditemukan sebanyak 12 orang dan tim gabungan masih dalam proses pencarian," katanya.

5. 75 Pendaki Terjebak Letusan 

Sebanyak 75 pendaki berada di puncak saat Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Tanah Datar dan Agam, Sumatera Barat meletus, Minggu (3/12/2023). Dari 75 pendaki itu, 40 orang sudah dievakuasi. 

Sedangkan sisanya, 35 orang dalam proses evakuasi. "Sampai saat ini sudah ada sebanyak 40 yang dievakuasi, tinggal 35 orang lagi yang berada di atas," kata Plh Kepala BKSDA Sumbar, Dian Indriati, Minggu (3/12/2023).

Saat ini, BKSDA bersama stakeholder lainnya masih melakukan evakuasi terhadap puluhan pendaki yang masih berada di atas gunung.  

Editor : Ditya Arnanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network