Inilah 10 Deretan Gunung Tertinggi di Pulau Jawa, Soal Keindahan Tak Ada Duannya

Sri Latifah Nasution/Net Karanganyar
Inilah 10 Deretan Gunung Tertinggi di Pulau Jawa, Soal Keindahan Tak Ada Duannya (Foto: Wikipedia)

6. Gunung Lawu

Memiliki ketinggian 3.265 mdpl, terletak di provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepatnya di perbatasan Ngawi dan Magetan.

Mengutip laman Indonesia.go.id, ada lima objek wisata yang bisa dikunjungi di sekitar Gunung Lawu, yakni Candi Cetho kompleks pemakaman pendiri Keraton Mangkunegaran, Cemoro Sewu, Grojogan Sewu, dan Telaga Sarangan.

7. Gunung Welirang

Gunung Welirang merupakan gunung berapi aktif dan memiliki ketinggian 3.156 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, letaknya masih satu kawasan dengan Gunung Arjuna.

Berada di kawasan yang sama tak jarang para pendaki gunung mendaki dua gunung sekaligus dalam satu kesempatan.

8. Gunung Sindoro

Berlokasi tidak jauh dari Gunung Sumbing dengan ketinggian 3.150 mdpl. Gunung Sindoro merupakan gunung favorit bagi para pendaki. Selain itu, warga juga menanam sayuran dan teh di dekat gunung.

Wisatawan bisa menikmati deretan pohon pinus dan perkebunan teh. Gunung ini terletak di Temanggung, Jawa Tengah dan merupakan gunung berapi aktif.

Gunung Sindoro terakhir meletus pada 2011-2012 dengan asap solfatara keluar dari kawahnya. Di puncak Gunung Sindoro terdapat Kawah Jolotundo yang merupakan kawah aktif yang mengandung belerang.

9. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi pada 2004. Memiliki ketinggian mencapai 3.145 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terletak meliputi beberapa kawasan yaitu, di Kabupaten Magelang, Boyolali, Salatiga, dan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Memiliki medan pendakian yang tidak terlalu berat, namun para pendaki yang melintasinya harus berhati-hati dengan tantangan seperti, udara dingin, kabut tebal, hutan homogen serta minimnya sumber mata air akan menjadi tantangan bagi pendaki.

10. Gunung Ciremai

Berada di perbatasan Kabupaten Majalengka dan Kuningan, Jawa Barat. Gunung ciremai memiliki ketinggian 3.078 meter diatas permukaan laut. Gunung Ciremai merupakan gunung api aktif.

Letusan pertama tercatat terjadi pada tahun 1698. Sedangkan letusan besar terakhir terjadi pada tahun 1938. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki.

Ada lima jalur pendakian Gunung Ciremai yang memiliki tantangan tersendiri yaitu Apuy Pass, Palutungan Pass, Linggarjati Pass, Linggasana Pass, Sadarehe Pass. ***

Editor : Ditya Arnanta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network