Cerita Mistis Suara Gamelan Pentas Wayang Mengalun di Puncak Gunung Argowayang Jombang 

Danang Prabowo/Net Karanganyar
Cerita Mistis Suara Gamelan Pentas Wayang Mengalun di Puncak Gunung Argowayang Jombang  (Foto: Jombang City Guide)

Tak heran memang bila unsur nama wayang tersemat dalam sebutan Gunung Argowayang, karena banyak elemen dari kearifan lokal yang seakan berpadu dengan harmonisnya.

Versi lain dari Pujon memiliki filosofi sendiri yang mengartikan 'margo' artinya jalan, sedangkan 'wayang' adalah tokoh ksatria. Jika digabungkan, Gunung 'Margowayang' artinya Gunung Tempat menempa para ksatria menuju jalan keutamaan.

Mitos

Dikutip dari Jombang City Guide, legenda Pertarungan Joko Lelono dan Raden Baron Kusumo yang mungkin menjadi salah satu detail yang menunjukkan kawasan ini memang merupakan lokasi tempat menempa para ksatria. 

Dikisahkan keduanya memang tewas dalam pertempuran, dimana satunya teguh untuk menggapai keinginannya sedangkan yang lain kukuh melindungi orang yang dikasihinya. Kisah kecil yang menjadi dari Gunung Anjasmoro bagian selatan ini seakan menunjukkan memang bukan jalan yang mudah menjadi ksatria.

Terdapat cerita penduduk setempat tentang legenda alunan gamelan misterius yang kerap terdengar di waktu-waktu tertentu. 

Menurut para sesepuh desa, dulunya di daerah lereng Argowayang sering terdengar bunyi gamelan terdengar sayup-sayup. Alunan musik khas tanah jawa yang menjadi backsound pementasan wayang ini sering terdengar, apalagi saat saat malam suro, meski sedang tidak ada pementasan wayang.

Bisa jadi, nama Margowayang berasal dari kata 'margo' yang artinya karena / sebab, adanya bunyi-bunyian misterius yang seperti alunan pementasan wayang. Jadi Margowayang bisa diartikan karena ada wayang. Meski kini perkembangannya nama Argowayang lebih populer dan menjadi nama resminya.***

Editor : Ditya Arnanta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network