Tradisi Nyepi Bagi Umat Hindu, Apa Maknanya?

Iqbal Widiarko/Net Karanganyar
Tradisi Nyepi apa maknanya (Foto: MPI)

Apa Makna Nyepi bagi Umat Hindu?

Merujuk pada Jurnal Ilmiah Ilmu Agama dan Ilmu Sosial Budaya Widya Duta oleh W. Sayang Yupardhi, perayaan Nyepi tidak pernah berhenti sepanjang sejarah karena merupakan tradisi.

Perayaan ini juga diyakini membawa berkah keselamatan dan kesejahteraan bhuana agung (alam semesta) dan bhuana alit (segala makhluk hidup).

Makna Nyepi adalah untuk keseimbangan bhuana agung dan bhuana alit. Keseimbangan ini adalah sebuah titik pertemuan antara sifat-sifat positif dan negatif (baik dan buruk) manusia dan terimplementasi sebagai bayu, sabda, idep.

Diibaratkan sebagai sebuah baterai yang mempunyai masa pakai, jika masa pakainya telah habis maka perlu dicas kembali. Demikian pula bhuana agung dan bhuana alit ini, bhuana agung perlu diistirahatkan sejenak dan bhuana alit dicas kembali dengan melaksanakan catur brata penyepian sembari mengoreksi diri masing-masing.

Secara umum, hanya dalam keseimbangan sajalah manusia dapat merasakan kesejahteraan lahir batin, di mana ada kesejahteraan di sana ada kedamaian, di mana ada kedamaian di sana Tuhan dapat dirasakan kehadiran-Nya.

Manfaat Hari Raya Nyepi

a. Mengembalikan Kekuatan Bhuana Agung dan Bhuana Alit

Dengan lembaran baru ini dapat hidup lebih baik dari sebelumnya untuk persiapan yang lebih matang. Pencapaian tujuan utama hidup ini yakni moksartham jagadhita ya chaiti dharma dengan konsep tabula rasa (menuangkan ide-ide cemerlang dalam lembaran baru tersebut yang bermanfaat bagi masyarakat banyak dan siap diimplementasikan).

b. Anak-Anak Muda Dapat Berinovasi dan Berkreasi

Meski membutuhkan relatif banyak biaya untuk sebuah ogoh-ogoh, rasa kreatif para pemuda akan muncul melalui karya seni tersebut. Ogoh-ogoh yang dibuat setiap tahun tidak sama bentuknya sesuai kesepakatan anak-anak muda di banjar bersangkutan.***

Editor : Ditya Arnanta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network