Kisah La Doncella Gadis Mungil Korban Ritual Para Dewa 500 Tahun Silam Tersimpan di Museum Argentina

Danang Prabowo
Kisah Sedih La Doncella Gadis Mungil Korban Ritual Pengorbanan Para Dewa 500 Tahun Silam Tersimpan di Museum Arkeologi Argentina (Foto: Okezone)

ARGENTINA, iNewskaranganyar.id - La Doncella atau The Maiden bagi masyarakat Argentina sebuah nama yang tak asing bagi masyarakat setempat. Dia merupakan seorang remaja yang meninggal lebih dari 500 tahun lalu dalam ritual pengorbanan di Pengunungan Andes. Dan saat ini jasadnya masih tersimpan di Sebuah museum di Argentina.

Dahulu kala, seperti halnya masyarakat Yunani kuno, masyarakat Argentina ini pun begitu mempercayai para Dewa. Mereka sangat menghormati para Dewa. Sebagai bentuk penghormatan mereka terhadap para Dewa, masyarakat kala itu, rela memberikan apa saja sebagai persembahan. Termasuk mempersembahkan nyawa sekalipun untuk membuat para Dewa bahagia.

Seperti di kutip iNewskaranganyar.id dari National Geographic, para arkeolog dunia melakukan penggalian di sebuah gunung yang diyakini terdapat sisa-sisa peninggalan kuno.

Pada tahun 1999, dari penggalian itu, para arkeolog menemukan sisa-sisa mumi di Argentina, La Doncella dan dua anak lainnya ditinggalkan di puncak gunung agar meninggal kedinginan. Ini dilakukan sebagai bentuk persembahan kepada para dewa.

La Doncella ditemukan mengenakan tunik upacara dan dihiasi dengan topi baja, tanda status barunya sebagai pembawa pesan ke surga.

Para Ilmuwan mengatakan bila La Doncella juga telah diberi minuman keras yang membuatnya tertidur. Bahkan mulutnya masih memegang serpihan daun koka, yang biasa dikunyah suku Inca untuk mengurangi efek penyakit ketinggian.

Johan Reinhard yang memimpin ekspedisi National Geographic Explorer-in-Residence begitu tercengan mengatakan penemuan mumi ini paling awet dari semua yang pernah ia lihat. Bahkan, Reinhard mengatakan penemuan La Doncella mengungkapkan detail kaya kehidupan Inca kuno, seperti rambut gadis yang dikepang halus.

Editor : Ditya Arnanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network