Misteri Tersembunyi Candi Borobudur yang Bakal Mengguncang Dunia Bila Terungkap (2)

Bramantyo
Misteri Candi Borobudur bakal guncang dunia bila terpecahkan (Foto: doc. iNews.id)

Benarkah Dulunya Borobudur Merupakan Danau Purba

Masih banyak misteri yang perlu di kaji oleh para ahli, sebelumnya ada yang menyebut bahwa berdasarkan leganda Borobudur dulunya sebuah danau purba. Diibaratkan Borobudur di bangun layaknya sebagai bunga teratai yang mengembang di danau.

Van Bemmelen dalam bukunya “The Geology of Indonesia” menyebutkan bahwa piroklastika Merapi pada letusan besar tahun 1006 telah membuat danau purba itu kering tertutup abu vulkanik Merapi.

Hasil penelitian geologi juga menemukan sumur di beberapa titik lokasi di sekitar candi airnya asin. Bahkan peneliti asing dari Jepang juga tertarik untuk meneliti dugaan adanya danau purba di sekitar Borobudur. Diantaranya melakukan penelitian sungai yang berada di sekitar Borobudur, termasuk Sungai Progo dan Elo.

Borobudur, Bangunan Yang  Sempurna Dari Kajian Arsitekturnya

Berdasarkan penitian tim ahli, banyak yang kagum dengan arsitektur bangunan Candi Borobudur. Pasalnya bangunan candi berbeda dari bangunan-bangunan yang ada diseluruh dunia. Baik itu piramida Mesir tidak bisa menandinginya. Dan Sampai saat ini belum ada jawaban bagaimana bisa dari segi arsitekturnya bisa mendirikan bangunan seperti Borobudur.

Editor : Ditya Arnanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network