Kisah Penemuan Candi Borobudur, Mahakarya Nenek Moyang yang Sempat Terpendam Ratusan Tahun (1)

Bramantyo
Kisah Penemuan Candi Borobudur (Foto: doc. Sindonews)

Berdasaarkan catatan sejarah  Borobudur dibangun masa  Dinasti Sailendra antara tahun 750 dan 842 Masehi pada abad ke 8 dan 9. Candi Borobudur oleh UNESCO dan diakui sebagai salah satu warisan dunia dan masuk dalam salah satu keajaiban dunia ini sempat menghilang lama karena tertutup lahar akibat letusan gunung Merapi yang sangat dahsyat. 

Kemudian tertutup hingga jangka waktu lama dan sudah berubah menjadi bukit dengan ditumbuhi hutan belukar. Borobudur ditemukan kembali pada masa penjajahan Inggris pada tahun 1811 hingga 1816. Saat itu  Thomas Stamford Raffles menjabat sebagai gubernur Jenderal. Raffles tertarik dangan budaya Jawa dan menuliskan buku The History of Java.

Saat berada di Semarang, sekitar tahun 1814, Gubernur Jenderal mendengar ada bangunan besar kuno yang barada di dalam hutan belantara di dekat desa Bumisegoro. Kemudian  Raffles memerintahkan H.C. Cornelius, seorang insinyur Belanda meneliti bangunan besar tersebut. 

Misi  H.C. Cornelius berhasil  menemukan lapisan tanah yang menjadi dasar halaman candi yang terkubur. Penggalian dilanjutkan  oleh Hartmann dari  Keresidenan Kedu, sehingga tahun 1835 seluruh bangunan berhasil di gali dan mulai terlihat bentuknya.

Nama Borobudur sendiri seperti yang ada dalam buku The History of Java, Borebudur berarti “Candi Budur di dekat desa Bore. Penamaan candi sendiri biasanya sesuai dengan lokasi dimana candi itu ditemukan. Seiringnya waktu namanya kemudian berubah menjadi Borobudur untuk mempermudah pengucapan bagi masyarakat Jawa.

Sejak ditemukan kembali tahun 1814 candi Borobudur sudah mengalami 2 kali pemugaran, yaitu Tahun 1907-1911 kemudian  tahun 1973-1983.

Tahun 1991 Candi Borobudur kemudian menjadi Warisan Dunia Unesco dengan nama resmi kompleks Candi Borobudur. Namun pada Senin 21 Januari 1985, Borobudur sempat di ledakkan dengan menggunakan bom dan merusak sembilan stupa candi.(Bersambung) ***

Editor : Ditya Arnanta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network