Kisah Penemuan Candi Borobudur, Mahakarya Nenek Moyang yang Sempat Terpendam Ratusan Tahun (1)

Bramantyo
Kisah Penemuan Candi Borobudur (Foto: doc. Sindonews)

MAGELANG, iNewskaranganyar.id - Candi Borobudur salah satu peninggalan nenek moyang yang selamat dari amukan Gunung Merapi. Candi ini masuk kedalam tujuh keajaiban dunia. Kemegahan Candi Borobudur mampu membuka mata dunia bila bangsa Indonesia sudah maju dalam bidang teknologi sejak dahulu.

Candi budha terbesar di dunia ini terletak di Jalan Badrawati, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Berdasarkan berbagai literatur yang berhasil dihimpun iNewskaranganyar.id, pada zaman Megalithicum nenek moyang bangsa Indonesia membuat makam leluhurnya sekaligus tempat pemujaan berupa bangunan bersusun. 

Salah satu peninggalan nenek moyang yang masih bisa dinikmati sampai saat ini tidak hanya dari Indonesia tapi juga dari belahan dunia lain yaitu Borobudur. Borobudur sendiri  merupakan candi budha terbesar di dunia dan hanya ada di bumi nusantara.

Sama seperti di candi Borobudur, dilihat dari jauh bentuknya bangunan bersusun seperti  piramida dan sebuah stupa berupa kepunden berundak. Dan itulah salah satu kelebihan candi Borobudur yang tidak akan ditemukan di daerah atau negara manapun di dunia. 

Dan hal itu membuktikan bahwa peradaban bangsa Indonesia sudah lebih maju di bandingkan bangsa yang lainnya. Penemuan candi Buddha terbesar di dunia dengan ketinggian tinggi 34,5 meter dan luas bangunan 123 x 123 meter dan berada di atas sebuah bukit ini.

Editor : Ditya Arnanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network