Ullen Sentalu, Cerita Mitos Angker Museum yang Menyimpan Koleksi Dinasti Kerajaan Mataram

Annisa Aprilia/Net Karanganyar
Jangan asal foto saat berada di Museum Ullen Sentalu Yogyakarta (Foto: Okezone)

Lukisan Busana Paes Ageng, lukisan ini menunjukkan detail busana pernikahan seorang wanita lengkap dengan tata rias Paes Ageng.

Batik bermotif Urang Wetan, kain ini pernah dikenakan oleh permaisuri KGPAA Paku Alam X yang bernama GBRAAy Retno Puwasa.

SAAT mengunjungi sebuah museum, biasanya ada sederet aturan yang mesti ditaati oleh para pengunjung. Mulai dari menitipkan barang bawaan, tidak boleh membawa makanan dan minuman ke dalam ruang pameran, hingga dilarang memotret menggunakan lampu tembak kamera alias flash.

Begitu pun pada Museum Ullen Sentalu, kurang lebih memiliki aturan yang sama perihal mengabadikan momen dalam museum. Namun, perbedaannya, pengunjung hanya diperbolehkan memotret di ruangan tertentu saja, dan tidak diizinkan memotret di ruangan yang dilarang.

Alasannya bukan karena khawatir merusak benda bersejarah, tapi lebih terkesan mistis. Pengunjung hanya diperbolehkan untuk berfoto di Borobudur relief dan tidak di bagian museum lainnya.

Peraturan tersebut dibuat karena di ruangan museum lainnya masih dipercaya dihuni oleh putri-putri bangsawan yang berasal dari generasi terdahulu. Jika pengunjung melanggar aturan yang telah dibuat, sebagai ganjarannya arwah putri-putri tersebut konon akan mengganggu pengunjung, karena mereka telah merasa keberadaannya terganggu.

Seperti dikutip iNewskaranganyar.id dari Okezone, alasan lain karena konsep museum yang living museum menjadikan benda-benda bersejarah yang dipamerkan akan diubah tata letaknya dalam kurun waktu tertentu.

Tentu ada hubungannya dengan foto, pengunjung akan merasakan pengalaman yang berbeda-beda tiap kali datang ke sini, pasalnya tata letak benda-benda akan terus berubah. Jadi, akan sia-sia jika mengabadikannya.

Selain dari cerita misteri yang melatarbelakangi perizinan pengambilan foto, perubahan tata letak setiap periodenya, pengunjung juga akan merasakan pengalaman melihat museum yang berbeda. 

Sebab, dalam museum yang memamerkan benda-benda peninggalan dari zaman Mataram ini, berada di ruang terbuka. Seperti tiga buah patung yang menggambarkan sosok layaknya majikan (ratu), sementara dua patung lainnya berlutut.

Penasaran dan ingin menyaksikan sendiri keunikan museum yang sempat menyabet museum terbaik ini? Anda bisa menuju ke Jalan Kaliurang, Yogyakarta dan terus jalan ke arah utara sekira 18 kilometer. Lalu, ambil arah ke Museum Ullen Sentalu.

Penting untuk diketahui, jika Anda ke museum dengan naik angkutan umum, transportasi hanya tersedia hingga pukul 14.00 saja, sebaiknya gunakanlah kendaraan pribadi.***

Editor : Ditya Arnanta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network