TKI di Taiwan Sekitar 300 Ribu Orang Jadi Pasar Potensial Produk Herbal dan Jamu dari Indonesia

Vitrianda Hilba Siregar
Peresmian ekspor perdana obat herbal dan jamu Antangin ke Taiwan pada Rabu (8/2/2023) di Selogiri, Wonogiri, Jawa Tengah. Foto: Ist

WONOGIRI, iNewsKaranganyar.id - Obat herbal dan jamu produksi dalam negeri semakin dipercaya pasar luar negeri. Seperti ang dilakukan PT Deltomed Laboratories mengekspor Antangin JRG Syrup ke Taiwan.

Taiwan dipilih karena potensi pasar obat herbalnya besar mengingat sekitar 300 ribu Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ada di Taiwan yang berarti ada sekitar 1,3% dari total penduduk Taiwan yang berjumlah 23,5 juta jiwa. 

Direktur Operasional PT Deltomed Laboratories, Junius Rahardjo menjelaskan, gaji TKI di Taiwan sekitar NTD20.000 atau setara Rp9,9 juta per bulan.  

"Daya beli yang tinggi Ini menjadi sangat pontesial," kata dia usai  peresmian ekspor perdana, Rabu (8/2/2023) di Selogiri, Wonogiri, Jawa Tengah.

Menurut Junius, pada tahap pertama, produk yang diekspor ke Taiwan adalah Antangin JRG Syrup Sachet dengan kemasan khusus Taiwan yang berbahasa Mandarin. 

Adapun pada Shipment ini akan dikirim 1 Container dengan nilai  Free On Board (FOB) sebesar Rp 500 juta dari commitment pertama senilai Rp1,5 miliar FOB. 

Chief Business Development and R&D PT Deltomed Laboratories Victor S. Ringoringo mengatakan, pihaknya menggandeng Group Dagang Antar Negara di Indonesia dan JS Group Asian Commodities, Co. Ltd. Taiwan. 

Nantinya, jenis dan jumlah produk Deltomed yang akan diekspor tergantung pada permintaan dan potensi pasar di negara tujuan ekspor. "Deltomed memiliki product portfolio yang potensial untuk diekspor ke pasar Asia, Afrika, Eropa, Australia dan Amerika Utara," terang Victor. 

Pihaknya menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada BPOM dan Kementerian Kesehatan yang selama ini telah memberikan encouragement, support dan fasilitasi untuk mengembangkan pasar ekspor global, khususnya produk obat herbal dan jamu, sehingga ekspor perdana ke Taiwan ini dapat terealisasi dengan sukses.

Acara inaugurasi ekspor ini juga dihadiri oleh Kepala Balai Besar POM di Semarang, Kepala Loka POM di Kota Surakarta dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri, perwakilan dari Group Dagang Antar Negara di Indonesia dan JS Group Asian Commodities, Co. Ltd. Taiwan dan jajaran manajemen Deltomed.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network